Banyaknya Tenaga Kesehatan Terdampak Covid-19, Gubernur Sumbar: Masih Ada Nakes yang Kurang Kualitas dan Mutu


Senin, 03 Agustus 2020 - 23:03:10 WIB
Banyaknya Tenaga Kesehatan Terdampak Covid-19, Gubernur Sumbar: Masih Ada Nakes yang Kurang Kualitas dan Mutu Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno. Ist

HARIANHALUAN.COM - Berbicara tentang penanganan virus corona atau Covid-19 di Sumbar, tentu diperlukan tenaga kesehatan yang memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, mumpuni dan siap menjawab tantangan.

Ditengah pandemi yang masih melanda ranah minang saat ini, tenaga kesehatan menjadi garda terdepan dalam penanganan kasus Covid-19. Oleh karenanya, tentu tenaga kesehatan paling rentan tertular virus yang berasal dari Wuhan Cina tersebut.

"Bahkan kasus terkonfirmasi paling banyak di Sumbar berasal dari tenaga kesehatan," kata Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, Senin (3/8/2020).

Lanjut Irwan, tentu hal ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi tenaga kesehatan agar lebih aware terhadap diri sendiri maupun lingkungan. Tenaga kesehatan di Sumbar masih kurang, dalam kata lain bukan kurang dari segi jumlah, melainkan kurang dari segi kualitas atau mutunya.

"Memang kebutuhan terhadap tenaga kesehatan masih banyak, walaupun pemerintah moratorium penerimaan ASN dibidang kesehatan dan menteri pendidikan moratorium untuk mendirikan sekolah-sekolah dibawah kesehatan, namun hakekatnya dilapangan kita masih membutuhkan tenaga kesehatan," katanya.

Irwan Prayitno mengatakan bahwa saat ini kurangnya kebutuhan tenaga medis bukan karena tidak memanfaatkan bagi lulusan yang menganggur di bidangnya, hanya saja karena kurangnya kualitas dan kurangnya mutu yang dimiliki. (*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]