Lestarikan Budaya melalui Pagelaran Karya Produk Ekonomi Kreatif


Selasa, 04 Agustus 2020 - 12:45:28 WIB
Lestarikan Budaya melalui Pagelaran Karya Produk Ekonomi Kreatif Pembukaan Pagelaran Karya Produk Ekonomi Kreatif 2020.

HARIANHALUAN.COM - Forum Komunikasi Anak Nagari (FKAN) Pauh Sembilan Kecamatan Kuranji mengadakan Pagelaran Karya Produk Ekonomi Kreatif 2020 yang berlangsung mulai dengan hari ini sampai dengan bulan Oktober yang akan datang. Pagelaran ini dilaksanakan di Medan Nan Bapaneh, Pauh Sembilan, Kecamatan Kuranji. 

Kegiatan ini akan diisi dengan penampilan group kesenian tradisional (randai, rabab, saluang, dendang) se-Sumatera Barat setiap hari Jumat dan Sabtu. Pada kegiatan ini juga akan disuguhkan dengan kuliner khas Kuranji. Dalam sambutannya Wagub Sumbar Nasrul Abit pada pembukaan kegiatan pada Senin (3/8/2020) menyampaikan keheranan dengan masih adanya kegiatan seperti ini.

Kegiatan ini ada karena keinginan dari anak Nagari Pauh Sembilan, Kecamatan Kuranji sendiri. "Budaya adalah suatu tradisi yang diikuti secara turun menurun dan itu memang ada yang harus melestarikannya, jadi budaya itu sewaktu waktu dia bisa hilang kalau tidak ada pelestariannya," ungkap Nasrul Abit.

Kegiatan ini difasilitasi oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat melalui anggaran pokir Evi Yandri Wakil Ketua Komisi I DPRD Provinsi Sumatera Barat. 
"Hari ini kita disini, kita sudah berada di kota besar, Padang ini termasuk kota besar, bahkan sebentar lagi kota Internasional, kalau seandainya budaya ini tidak ada yang merawat dia akan hilang tergerus oleh kemajuan teknologi," kata Wagub.

Wagub juga sampaikan terima kasih kepada anak nagari Kuranji, Ketua FKAN, Ketua MPA ninik mamak, bundo kanduang, pemuda-pemudi dan seluruh pihak yang telah ikut berpartisipasi memelihara, melestarikan dan mempertahankan tradisi budaya minang ini. "Masyarakat sudah tidak patuh terhadap protokol kesehatan. Tapi hari ini, kita saksikan disini semua anak nagari dibawah pimpinan ninik mamaknya mematuhi aturan ini, terima kasih banyak," kata Wagub.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Wakil Ketua Komisi I DPRD, Kadis Pariwisata, Kadis Disnakertrans, Kadis Kominfo Provinsi Sumbar, Kadis Pariwisata Kota Padang, Camat Kuranji, Polsek Kuranji dan Ninik Mamak Pauh Sembilan Kuranji. (*)

loading...
Reporter : Agoes Embun /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 05 Mei 2019 - 14:23:12 WIB

    Limau Gadang Lestarikan Tradisi Balimau Paga

    Limau Gadang Lestarikan Tradisi Balimau Paga PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Masyarakat Nagari Limau Gadang Lumpo, Kecamatan IV Jurai Pessel salah satu nagari di Pessel yang tetap melestarikan tradisi Balimau Paga menjelang memasuki bulan suci Ramadan. Kegiatan ini melibatka.
  • Selasa, 14 Agustus 2018 - 14:28:24 WIB

    Lestarikan Adat dan Budaya, Ratusan Siswa di Dharmasraya Lomba Pidato Berbahasa Minang

    Lestarikan Adat dan Budaya, Ratusan Siswa di Dharmasraya Lomba Pidato Berbahasa Minang DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM-Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya bekerjasama dengan Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) menggelar  lomba pidato Berbahasa Minang bagi siswa SMP se-Kabupaten Dharmasraya..
  • Selasa, 10 Juli 2018 - 14:53:25 WIB

    Lestarikan Budaya Gotong Royong, Lantamal II Padang Bedah Rumah Warga

    Lestarikan Budaya Gotong Royong, Lantamal II Padang Bedah Rumah Warga PADANG, HARIANHALUAN.COM--Dalam rangka Karya Bhakti TNI tahun 2018, Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) II adakan kegiatan bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Desa Pasie Kandang Rt. 03 Rw. 04 Kelurahan Pasir Nan Tigo kecamat.
  • Kamis, 28 Desember 2017 - 19:17:27 WIB

    Pertamina Lestarikan Mangrove di Kota Pariaman

    Pertamina Lestarikan Mangrove di Kota Pariaman PADANG, HARIANHALUAN.COM--Sebagai usaha menjalankan komitmen pelestarian lingkungan hidup, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region I (MOR I) Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Minangkabau, melalui program Corporat.
  • Selasa, 02 Agustus 2016 - 11:24:39 WIB

    Lestarikan Alam, Perkuat Pokmaswas

    Lestarikan Alam, Perkuat Pokmaswas PAINAN, HALUAN — Un­tuk menjaga sumberdaya kelautan dan perikanan di Pessel, pemerintah perkuat peran Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) yang ada di daerah itu. Pe­­man­faatan sumberdaya yang ti­dak taat aturan m.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]