Harga Cabai Rawit Melonjak di Solok, Cabai Keriting Disalip


Selasa, 04 Agustus 2020 - 12:59:49 WIB
Harga Cabai Rawit Melonjak di Solok, Cabai Keriting Disalip ilustrasi cabai rawit

HARIANHALUAN.COM - Cabai rawit mulai menyalip cabai keriting di tingkat pedagang pengumpul di pasar sayur komplek terminal Bareh Solok pada Selasa (4/8/2020) pagi. Harga cabai rawit dibanderol Rp30 ribu sampai Rp32 ribu per kilo. Sementara, cabai keriting hanya Rp18 ribu sampai Rp20 ribu per kilo. 

Pantauan harianhaluan.com di pasar sayur terminal Bareh Solok pada Selasa pagi, terlihat cabai rawit sangat laris dan terjual lebih cepat dibanding cabai keriting. Padahal, selama ini harga cabai rawit separoh dari harga cabai keriting. "Saya juga kaget dan heran melambungnya harga cabai rawit di tingkat pedagang pengumpul. Setahu saya baru kali ini dalam sejarah dimana cabai keriting tertinggal setelah disalip cabai rawit," ujar Sukar, seorang pedagang.

Selasa merupakan hari pasar dan jumlah petani yang menjual cabai rawit ke pasar sayur termimal Bareh Solok memang tidak banyak dan bisa hitungan jari. Sedangkan, petani cabai keriting cukup banyak hampir mendekati 50 orang. Petani cabai keriting berasal dari Kota Solok dan daerah sekitar Kota Solok. Saat  ini, memang sedang puncak panen cabai keriting. 

"Akibat melimpahnya panen, harga cabai keriting anjlok. Sementara cabai rawit sangat sedikit, jika dikalkulasikan mungkin sekitar 150 kilo," sebut Sukar.

Sementara, Agus salah seorang pedagang pengumpul pada harianhaluan.com di pasar sayur mengaku kalau harga cabai rawit mendahului cabai keriting. Tidak biasanya cabai rawit mampu memepet cabai keriting. Naiknya harga cabai rawit tidak terlepas dari hukum pasar, demand supply (permintaan dan penawaran). 

Jika permintaan tinggi barang sedikit harga meroket, namun jika permintaan sedikit ketersediaan barang banyak jelas harga anjlok. Lain halnya dengan bawang merah, harga bumbu masak itu relatif stabil, harga berkisar Rp16 ribu sampai Rp19 ribu per kilo, tergantung kualitas bawang yang dipasarkan. 

"Bawang merah sempat melonjak ke harga Rp35 ribu sampai Rp40 ribu per kilo, itu pun sudah empat lalu," tutupnya. (*)

loading...
Reporter : Alfian /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]