Dua Tersangka Curas Diciduk di Siak, Tiga Lainnya Melarikan Diri


Selasa, 04 Agustus 2020 - 13:55:41 WIB
Dua Tersangka Curas Diciduk di Siak, Tiga Lainnya Melarikan Diri Kedua tersangka pencurian dengan kekerasan diamankan Polres Siak, tiga diantaranya melarikan diri.

HARIANHALUAN.COM - Polres Siak menggelar konferensi pers terkait kasus pencurian dengan kekerasan yang terjadi 2 kali di 2 TKP yang berbeda dalam waktu yang hampir bersamaan dengan tersangka yang sama. Peristiwa curas ini terjadi pada Jumat (26/6/2020) sekitar pukul 23.30 WIB untuk TKP pertama, dan TKP kedua pada Sabtu (27/6/2020) sekitar pukul 02.00 WIB.

"Harinya berbeda, namun rentang waktunya itu kurang lebih cuma 2 jam 30 menit, yang satu pada Jumat pukul 23 30 WIB, yang satu lagi Sabtu pukul 02.00 WIB dini hari. TKP pertama yaitu Jalan Yos Sudarso Km 42 Kampung Minas Barat, tepatnya di tepi jalan aspal di pinggir jalan utama, TKP kedua itu di Jalan Yos Sudarso KM 32 Kampung Minas Barat, sama di pinggir jalan juga," ungkap Kapolres Siak, AKBP Doddy Ferdinand Sanjaya, Selasa (4/8/2020).

Selanjutnya, AKBP Doddy menjelaskan, TKP pertama sasaran mereka adalah truk yang mengangkut batu bata dengan korban dua orang saudara IS (37) dan  AZ (50). Kedua korban yang saat itu berada diatas mobil tiba-tiba dipepet oleh sebuah mobil Kijang Innova warna hitam dengan jumlah orang di dalamnya 5 orang laki-laki. 

"Mereka disuruh ke pinggir, karena melihat situasi sepi dan gelap mereka tidak mau ke pinggir dan berhenti," ujarnya.

Ditambahkan Kapolres, Kijang Innova ini kembali menyalip lagi dengan mobil langsung dipalangkan atau melintang menghadang mobil dump truk korban ini. Selanjutnya, salah seorang korban keluar menanyakan ada apa? Lalu para tersangka ini masuk ke dalam mobil dengan maksud ingin menemui bos kedua korban ini. 

Karena melihat gelagat tidak baik, korban yang di TKP pertama ini melakukan perlawanan dan dikeroyok empat orang pelaku. Korban mengalami luka di bagian kepala, karena takut mobilnya dirampas korban dengan kepala terluka, korban langsung melarikan mobilnya untuk mencari bantuan, sedangkan rekan korban ini tertinggal di TKP.

"Para tersangka tidak melakukan tindakan kekerasan kepada korban AZ yang tertinggal, hanya mengambil handphone dan dompet. Dari TKP pertama, para tersangka hanya mendapatkan handphone dan dompet saja," kata Kapolres Siak.

Karena di TKP pertama tersangka tak berhasil mendapatkan yang diinginkan, mereka melakukan pengintaian di sepanjang Jalan Minas. Sampai di TKP kedua di Jalan Yos Sudarso KM 32 Kampung Minas, ada satu truk carter dengan muatan buah sawit sedang berhenti di pinggir jalan untuk beristirahat. Datangla para tersangka dengan modus yang sama.

Sopir tersebut diancam oleh para tersangka, lalu diikat dengan kabel T, termasuk kernetnya juga demikian. Tanpa perlawanan, sopir itu diikat tangannya dan ditutup matanya. Selanjutnya, kedua korban pengemudi dan kernet truk dibawa ke daerah Pinggir, Kecamatan Pinggir. Kedua korban dibuang di salah satu perkebunan sawit di Kecamatan Pinggir tersebut. 

"Selanjutnya, truk carter tersebut dibawa tersangka dan buah sawitnya dijual di daerah Rumbai (Pekanbaru)," terang Kapolres Siak.

Dari kedua laporan tersebut, Polsek Minas langsung melakukan penyelidikan. Korban di TKP kedua menjelaskan, tersangka sempat mengambil uang dari ATM menggunakan kartu milik korban. Dari rekaman CCTV ATM, Polsek Minas mendapatkan petunjuk. Berdasarkan petunjuk tersebut, personel Polsek melanjutkan penyelidikan dan mengetahui keberadaan para tersangka.

"Kita mengamankan dua tersangka di rumahnya masing-masing yakni, RS (36), RP (39) dan untuk ketiga pelaku lainnya RO, EM, RT masih dalam pengejaran. Alhamdulillah, barang bukti mobil Innova yang digunakan sebagai sarana untuk melakukan perbuatannya sudah bisa kita amankan. Truk yang mereka ambil juga sudah kita amankan juga kemarin," ungkap AKBP Doddy.

Kasat Reskrim Polres Siak menambahkan bahwa pelaku akan dijerat dengan pasal 365 ayat 1 dan ayat 2 ke-1, ke-2 Kitab Undang Undang Hukum Pidana (KUHP) dengan ancaman pidana paling lama 12 tahun penjara. (*)

loading...
 Sumber : Riaumandiri.id /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 25 September 2020 - 13:41:18 WIB

    Duh, Dua Pejabat di Lapas di Riau Positif Corona

    Duh, Dua Pejabat di Lapas  di Riau Positif Corona HARIANHALUAN.COM-Dua pejabat teras di Lembaga Pemasyarakatan  Pekanbaru, Riau, dilaporkan terkonfirmasi  positif terpapar virus  corona..
  • Senin, 21 September 2020 - 20:16:24 WIB

    Dua Remaja di Mentawai Nekat Bongkar Kuburan demi Ilmu Menghilang

    Dua Remaja di Mentawai Nekat Bongkar Kuburan demi Ilmu Menghilang HARIANHALUAN.COM - Diduga sedang menuntut ilmu hitam, dua remaja di Kepulauan Mentawai Sumatera Barat nekat membongkar sebuah makam, berniat untuk mengambil bagian tubuh dari mayat..
  • Ahad, 20 September 2020 - 17:59:31 WIB

    Memalak di Pasar Raya Padang, Dua Preman Kembali Digelandang Polisi

    Memalak di Pasar Raya Padang, Dua Preman Kembali Digelandang Polisi HARIANHALUAN.COM - Dua preman tukang palak kembali digelandang personel Sabhara Kepolisian Resor Kota (Polresta) Padang. Kedua preman itu ditangkap saat melakukan pungutan liar (pungli) di kawasan Pasar Raya Padang, Minggu (2.
  • Rabu, 16 September 2020 - 13:11:14 WIB

    Viral, Pernikahan Dini Dua Anak di Bawah Umur

    Viral, Pernikahan Dini  Dua Anak di Bawah Umur HARIANHALUAN.COM- Gadis belia Nurherawati yang masih berusia 12 tahun, akhirnya dinikahi pacarnya, Suhaimi (15). Pernikahan dini tersebut terjadi   setelah gadis belia itu tidak diterima keluarga sepulang pacaran..
  • Selasa, 15 September 2020 - 18:59:42 WIB

    Dua Cleaning Service Garap Televisi Diruang Flamboyan RSUP M Djamil Padang

    Dua Cleaning Service Garap Televisi Diruang Flamboyan RSUP M Djamil Padang HARIANHALUAN.COM - Dua orang cleaning service Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang, dibekuk Unit Opsnal Polsek Padang Timur, karena diduga melakukan pencurian. Penagkapan terhadap pelaku berdasarkan hasil penyelidika.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]