Ternyata Tak Hanya PNS, Lembaga-Lembaga Ini juga Mendapat Gaji 13


Selasa, 04 Agustus 2020 - 15:25:24 WIB
Ternyata Tak Hanya PNS, Lembaga-Lembaga Ini juga Mendapat Gaji 13 ilustrasi gaji 13

HARIANHALUAN.COM - Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam waktu yang tidak lama akan mendapatkan gaji ke-13. Rencananya, insentif tersebut akan cair pada pertengahan bulan ini, bahkan bisa lebih cepat. Abdi negara yang mendapatkan gaji ke-13 terdiri dari PNS pusat dan daerah, TNI, Polri, hingga para pensiunan. 

Namun, khusus tahun ini PNS yang berhak mendapatkan gaji ke-13 diperuntukkan bagi pejabat eselon III ke bawah. Artinya, pejabat negara seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati atau para pejabat eselon I dan II di setiap kementerian dan lembaga tidak akan memperoleh gaji ke-13 yang nilainya bisa mencapai 'ratusan juta rupiah'.

Namun, ternyata bukan cuma PNS di kementerian dan lembaga yang mendapatkan gaji ke-13. Menurut Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 60/2019, pimpinan dan pegawai non-PNS pada lembaga non struktural (LNS) juga mendapatkan gaji ke-13. "Penghasilan ke-13 bagi pimpinan dan pegawai non PNS dibayarkan sebesar penghasilan yang diterima pada bulan Juni," tulis beleid PMK tersebut dikutip dari CNBC Indonesia, Selasa (4/8/2020).

LNS merupakan lembaga selain kementerian atau lembaga pemerintah non kementerian yang dibentuk berdasarkan produk Undang-Undang (UU), Peraturan Pemerintah (PP), atau Peraturan Presiden (Perpres) yang pembiayaannya dibebankan pada APBN. Beberapa LNS antara lain seperti Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK), Badan Kepegawaian Negara (BKN), Kantor Staf Kepresidenan (KSP), Komisi Pemilihan Umum (KPU) hingga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani menegaskan bahwa pemberian gaji ke-13 bagi pegawai LNS akan sama seperti kementerian dan lembaga lainnya. Artinya, pimpinan LNS tidak akan mendapatkan gaji ke-13. "Nanti sama kebijakannya dengan semua kementerian dan lembaga," kata Askolani. (*)

loading...
 Sumber : CNBC Indonesia /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 18 September 2020 - 16:52:01 WIB

    Terungkap, Ternyata Ini Penyebab Ahok Blak-blakan Soal Pertamina

    Terungkap, Ternyata Ini Penyebab Ahok Blak-blakan Soal Pertamina HARIANHALUAN.COM - Menteri BUMN Erick Thohir selama ini memang meminta Komisaris Utama PT. Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) untuk membangun tim yang kuat agar Pertamina bisa melakukan tranformasi sesuai arahan kementer.
  • Kamis, 17 September 2020 - 20:35:49 WIB

    Astaga! Jaksa Pinangki Oplas di AS Ternyata Pakai Uang Suap

    Astaga! Jaksa Pinangki Oplas di AS Ternyata Pakai Uang Suap HARIANHALUAN.COM - Jaksa Pinangki Sirna Malasari diduga melakukan tindak pidana pencucian uang (TPPU). Kejagung menyebut Pinangki menggunakan uang yang diduga suap berasal darI Joko Soegiarto Tjandra alias Djoko Tjandra untuk.
  • Senin, 14 September 2020 - 22:35:42 WIB

    Kasus Aktif Covid-19 di Berbagai Daerah Ternyata Mengalami Penurunan

    Kasus Aktif Covid-19 di Berbagai Daerah Ternyata Mengalami Penurunan HARIANHALUAN.COM - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Reisa Broto Asmoro, menyampaikan bahwa dari perkembangan penanganan pandemi Covid-19 di dalam negeri, rata-rata kasus aktif di berbagai daerah cenderung mengalami pen.
  • Ahad, 13 September 2020 - 10:20:09 WIB

    Ternyata Ini Alasannya Orang Terkaya RI Tolak PSBB Total DKI

    Ternyata Ini Alasannya Orang Terkaya RI Tolak PSBB Total DKI HARIANHALUAN.COM - Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total akan dimulai 14 September 2020. Keputusan ini diambil karena penambahan yang tinggi setiap harinya dan dukungan rumah sakit yang sudah dianggap darura.
  • Sabtu, 12 September 2020 - 21:34:45 WIB

    Kabar Baik, Ternyata Ada Peluang Kerjasama ASEAN & Eropa untuk Bikin Vaksin

    Kabar Baik, Ternyata Ada Peluang Kerjasama ASEAN & Eropa untuk Bikin Vaksin HARIANHALUAN.COM - Dalam sepekan terakhir, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengadakan tiga pertemuan penting, salah satunya adalah ASEAN-EU Ministerial Meeting. Dalam pertemuan tersebut Retno membahas banyak isu, termasu.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]