Pilih Maju Pilkada Jalur Independen, H Wen: Kalau Lewat Partai 'Mahar'nya Mahal


Selasa, 04 Agustus 2020 - 20:36:00 WIB
Pilih Maju Pilkada Jalur Independen, H Wen: Kalau Lewat Partai 'Mahar'nya Mahal H. Endre Syaifoel yang akrab disapa H Wen.

HARIANHALUAN.COM - Selain figur dari partai politik, Pilkada Kabupaten Sijunjung tahun 2020 akan diramaikan oleh calon kepala daerah perseorangan atau independen. Pasangan H. Endre Syaifoel dan Nasrul menyatakan siap untuk mendaftar ke KPUD Kabupaten Sijunjung pada bulan September mendatang.

Hal tersebut berdasarkan rapat pleno verifikasi faktual oleh KPUD Sijunjung, di mana pasangan tersebut mendapatkan total surat dukungan sebanyak 17.293 dari jumlah surat dukungan yang disetorkan ke Silon KPU Sijunjung sebanyak 21.017 dan Jumlah tersebut melebihi batas minimal yang disyaratkan KPU Sijunjung Yakni 15.560 surat dukungan.

Ikutnya pasangan dari jalur perseorangan tersebut merupakan sejarah dalam dunia Demokrasi di Kabupaten Sijunjung, sebab sebelumnya kepala daerah yang terpilih hanya diusung oleh partai politik dan belum pernah calon independen ikut serta dalam Pilkada Kabupaten Sijunjung.

Lalu sekarang muncul calon pasangan independen yang sudah siap untuk berkompetisi di Pilkada Sijunjung 2020. Apakah yang menjadi alasan H. Endre Syaifoel yang merupakan kader salah satu parpol dan mantan anggota DPR-RI periode 2014-2019 tersebut maju di pilkada Sijunjung melalui jalur independen bukan parpol. Berikut ulasannya.

Haji Endre Syaifoel atau yang akrab disapa Haji Wen mengatakan bahwa alasan dirinya maju lewat jalur perseorangan atau independen karena biaya politik untuk maju dalam bursa pemilihan kepala daerah melalui jalur independen jauh lebih rendah dibanding melalui jalur parpol. 

Karena menurut kalangan tertentu untuk maju melalui partai tertentu maka sang bakal calon harus membayar “mahar” politik yang cukup besar mulai dari tingkat DPC, DPD sampai DPP. “Selain itu masih dibutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk menggerakkan mesin partai sampai ke tingkat jorong dan nagari hingga kecamatan. Sementara bagi pihak yang memilih jalur independen biaya-biaya tersebut bisa digunakan langsung untuk melakukan konsolidasi tim di lapangan dan konstituen,” ulasnya.

Selain itu, menurutnya apabila kepala daerah yang terpilih melalui jalur independen memenangkan Pilkada, maka pemenang tidak akan mudah dikendalikan oleh kepentingan partai, karena sang kepala daerah benar-benar diusung melalui dukungan langsung dari warga daerah tersebut. Sehingga pertimbangan utama dalam kebijakannya adalah kepentingan pengusungnya dalam hal ini masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Sijunjung.

“Warga akan merasa jauh lebih dekat dengan kepala daerahnya jika maju melalui jalur independen, karena bisa dipastikan bahwa pasangan bakal calon kepala daerah harus lebih intens menemui pengusungnya yakni warga yang memberikan dukungan dibanding bila hanya mengandalkan mesin partai yang bekerja,” terangnya.

Selain itu, menurutnya, peran kepala daerah sebagai pembina politik di daerah yang dipimpin akan jauh lebih baik jika kepala daerahnya dimenangkan melalui jalur independen. Karena kepala daerah tersebut bukan kader partai tertentu, sehingga pembinaan partai politik di daerah bisa berjalan dengan baik tanpa tendensi apapun dari partai pengusung.

“Hal-hal tersebut  menjadi salah satu pertimbangan pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung H. Endre Syaifoel dan Nasrul M.MPd (BERNAS) dan tim relawan untuk kemudian memutuskan maju dalam bursa Pilkada Kabupaten Sijunjung pada tahun 2020 ini melalui jalur independen,” tegasnya. 

Namun di akhir pembicaraan, H. Endre Syaifoel sangat menyadari bahwa bagaimanapun juga partai politik merupakan sebuah instrumen yang sangat penting dalam pendidikan politik di negara, demi terselenggaranya pemerintahan yang demokratis dalam wadah NKRI.(*) 

loading...
Reporter : Ogi Sunandar /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]