Catat Pesan Kabaharkam Polri! Pekerjaan Polisi Sesungguhnya ialah Salat


Selasa, 04 Agustus 2020 - 20:51:44 WIB
Catat Pesan Kabaharkam Polri! Pekerjaan Polisi Sesungguhnya ialah Salat Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Pol Agus Andrianto mengibaratkan tugas Polri yang utama itu seperti fungsi sholat dalam agama Islam.

"Pekerjaan polisi sesungguhnya adalah sholat karena tujuan sholat adalah mencegah perbuatan keji dan mungkar, sama halnya dengan tugas polisi," kata Komjen Pol Agus Andrianto dalam keterangan tertulis kepada Republika.co.id, Selasa (4/8).

Kabaharkam Polri menyampaikan hal itu saat memberikan arahan kepada Perwira Remaja (Paja) lulusan Akpol 2020 Batalyon Adnyana Yuddhaga penempatan di Baharkam Polri. Arahan tersebut bertempat di Ruang Rapat Baharkam Polri, Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Selasa (4/8).

"Kalau nggak tahu tujuan, bagaimana mau berkontribusi bagi tercapainya tujuan organisasi," ujar Komjen Agus.

Komjen Agus menjelaskan, sholat "itu" (bukan ini, ya karena kalau ini, itu pamer sambil menunjuk dirinya sendiri) mencegah perbuatan keji dan munkar. Pekerjaan polisi sepanjang anggota polisi tersebut dalam menjalankan amanahnya tidak berbuat keji dan munkar atau main-main.

Kepada para Paja, Komjen Agus menjelaskan, tugas kepolisian jauh lebih luas dari hanya fungsi pengaturan lalu-lintas dan reserse. Oleh karena itu, ia berpesan kepada para Paja agar memahami betul isi Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

"Tugas polisi berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 itu harus dipahami betul. Kalau tidak mengerti tujuannya, bagaimana kalian bisa mengerti cara menjalankan tugas kalian sebagai polisi?" ungkap Kabaharkam Polri.

Baharkam, papar Komjen Agus, adalah menjalankan fungsi preemptive dan preventif. "Dan kita di Baharkam Polri ini pekerjaannya lebih besar daripada pekerjaan represif (reserse). Ditambah kita memiliki Pamobvit, Satwa, dan Polairud. Baharkam adalah miniatur Polri karena memiliki tugas yang lengkap: preemptive, preventif, dan represif," katanya.(*)

loading...
 Sumber : republika /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 19 September 2020 - 17:52:09 WIB

    6 Provinsi Ini Catat Kasus Harian Corona Terendah

    6 Provinsi Ini Catat Kasus Harian Corona Terendah HARIANHALUAN.COM - Hari ini kasus Corona di Indonesia bertambah sebanyak 4.168 dalam sehari. Jumlah tersebut menjadi rekor tertinggi sejak wabah tersebut ada di Indonesia..
  • Sabtu, 19 September 2020 - 15:25:30 WIB

    Selama PSBB, Operasional KRL Berubah, Catat Jadwalnya

    Selama PSBB, Operasional KRL Berubah, Catat Jadwalnya HARIANHALUAN.COM - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menyesuaikan jam operasional kereta rel listrik (KRL) Commuter Line, terkait dengan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta. Mulai Sabtu, 19 .
  • Jumat, 18 September 2020 - 09:11:31 WIB

    Rekor Tertinggi, TPU Pondok Ranggon Catat 41 Jenazah per Hari

    Rekor Tertinggi, TPU Pondok Ranggon Catat 41 Jenazah per Hari HARIANHALUAN.COM -- TPU Pondok Ranggon Jakarta Timur kembali mencatat jumlah jenazah terbanyak yang dimakamkan pada Kamis (17/9), yakni sebanyak 41 jenazah. Angka itu merupakan jumlah tertinggi selama TPU Pondok Ranggon ditem.
  • Ahad, 13 September 2020 - 12:32:14 WIB

    Yuk Catat! Ini Jadwal Libur Panjang di Tahun 2021

    Yuk Catat! Ini Jadwal Libur Panjang di Tahun 2021 HARIANHALUAN.COM - Pemerintah telah menetapkan hari libur Nasional dan cuti bersama pada tahun 2021. Sepanjang tahun 2021, ada beberapa kali libur panjang yang bisa dimanfaatkan untuk liburan bersama keluarga..
  • Jumat, 11 September 2020 - 14:09:48 WIB

    Catat! Ini Daftar Libur Nasional dan Cuti Bersama 2021

    Catat! Ini Daftar Libur Nasional dan Cuti Bersama 2021 HARIANHALUAN.COM - Tiga menteri yaitu Menag, Menaker dan MenPAN-RB telah menandatangani Surat Keputusan Bersama (SKB) yang menetapkan hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2021. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]