Covid-19 Melonjak di Agam, 5 Pasien Positif Dirawat di RSUD Achmad Mochtar Bukittinggi


Selasa, 04 Agustus 2020 - 21:06:16 WIB
Covid-19 Melonjak di Agam, 5 Pasien Positif Dirawat di RSUD Achmad Mochtar Bukittinggi Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Kasus positif virus corona di Kabupaten Agam melonjak, sebanyak lima orang dilaporkan positif hari ini, Selasa (4/8/2020). Kelima kasus tersebut sedang dirawat di RSUD Achmad Mochtar.

"Saat ini Kabupaten Agam berada di zona kuning dengan total 33 kasus positif Covid-19, 20 orang diantaranya telah sembuh," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Jasman Rizal.

Kelima pasien positif Covid-19 yang di rawat di RSUD Achmad Mochtar merupakan warga IV Koto, rincian pasien tersebut diantaranya pria 77 tahun, terinfeksi karena riwayat perjalanan dari Padang tanggal 22 Juli 2020 dan pria 46 tahun terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi.

Kemudian wanita 63 tahun status IRT, wanita 19 tahun status Mahasiswa, dan wanita 39 tahun status IRT, ketiganya terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi. Selain Kabupaten Agam, Kota Padang juga menambahkan kasus positif sebanyak tujuh orang dan satu orang dari Kabupaten Padang Pariaman.

Dengan penambahan tiga daerah tersebut, maka total kasus yang dilaporkan hari ini berjumlah 13 orang. Hingga saat ini ada sekitar 987 kasus positif yang telah dilaporkan di Sumbar.

Rincian jumlah tersebut diantaranya, dirawat di berbagai rumah sakit 84 orang atau 8,5 persen, isolasi mandiri 72 orang atau 7,3 persen, isolasi daerah sembilan orang atau 0,9 persen, isolasi BPSDM 15 orang atau 1,5 persen, meninggal dunia 34 orang atau 3,4 persen dan sembuh 773 orang atau 78,3 persen.

13 kasus positif di Sumbar hari ini berasal dari 687 spesimen sampel yang diperiksa oleh tim Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso dibawah pimpinan dan penanggungjawab dr Andani Eka Putra, "655 diperiksa di laboratorium FK Unand dan 32 sampel di laboratorium veteriner Baso Agam," kata Jasman.(*)

Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]