Uji Klinis Vaksin Covid-19 Dilakukan 11 Agustus, 620 Relawan Sudah Mendaftar


Selasa, 04 Agustus 2020 - 22:12:45 WIB
Uji Klinis Vaksin Covid-19 Dilakukan 11 Agustus, 620 Relawan Sudah Mendaftar Vaksin Covid-19. Dok: Ist

HARIANHALUAN.COM - Ketua Tim Riset Uji Klinis Vaksin Covid-19 Sinovac, Prof Kusnandi Rusmil mengatakan jumlah relawan yang mendaftar terus bertambah. Sejauh ini, sudah ada 620 relawan yang mendaftar diri untuk ikut serta dalam uji klinis vaksin itu di Kota Bandung.

"Jumlah relawan yang terdaftar sudah 620, rencana akan diuji coba mulai 11 Agustus 2020," kata Kusnandi saat ditemui di PT Biofarma, Jalan Pasteur, Kota Bandung, Selasa.

Kusnandi menyebut, sebelum pendaftaran uji vaksin dibuka, sudah banyak calon relawan yang menyatakan keinginannya untuk berpartisipasi. Meski sudah ada 620 relawan yang terdaftar, namun menurutnya permintaan keikutsertaan masyarakat lain juga cukup banyak.

Di lain sisi, menurut Kusnandi, sejauh ini belum ada pejabat publik yang mendaftar untuk menjadi relawan uji vaksin itu. Ia menyebut, para pejabat juga tetap mendukung pelaksanaan uji vaksin tersebut.

"(Kalau ASN) belum ada ya, paling dokter teman-teman saya di daerah, kan harus orang Bandung," kata dia.

Kusnandi mengatakan, proses tahap awal uji vaksin yang dikembangkan oleh perusahaan farmasi asal China itu bakal dilakukan pada 11 Agustus 2020 mendatang. Nantinya, proses itu bakal diawali dengan melakukan tes usap terhadap para relawan.

"Nanti yang mendaftar diperiksa kesehatannya, banyak syarat. Mungkin ada yang tidak bisa ikut," kata dia.

Uji klinis itu, menurut Kusnandi nantinya akan melibatkan sekitar 20 dokter spesialis dan 30 dokter umum. Dalam satu hari, uji vaksin itu hanya akan diikuti oleh sekitar 20-25 relawan di tiap tempat.(*)

loading...
 Sumber : republika /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 11 September 2020 - 12:13:13 WIB

    Andre Rosiade Puji Kebijakan Erick Thohir Soal Staf Ahli Direktur BUMN

    Andre Rosiade Puji Kebijakan Erick Thohir Soal Staf Ahli Direktur BUMN HARIANHALUAN.COM — Anggota Komisi VI DPR RI yang membidangi masalah BUMN, Andre Rosiade mengapresiasi kebijakan Menteri BUMN Erick Thohir terkait kebijakan pengangkatan staf ahli direktur BUMN. Menurut Andre apa yang dilaku.
  • Jumat, 11 September 2020 - 07:19:06 WIB

    Relawan Uji Vaksin Positif Covid, Kok Bisa?

    Relawan Uji Vaksin Positif Covid, Kok Bisa? HARIANHALUAN.COM - Salah seorang relawan uji klinis vaksin Covid-19 terkonfirmasi positif Covid-19 usai dilakukan uji usap oleh Dinas Kesehatan. Diketahui, relawan tersebut melakukan perjalanan ke luar kota dan saat ini dalam.
  • Senin, 31 Agustus 2020 - 16:24:47 WIB

    Pendaftar Banyak, Tim Uji Vaksin Corona Kelebihan Relawan

    Pendaftar Banyak, Tim Uji Vaksin Corona Kelebihan Relawan HARIANHALUAN.COM - Pendaftaran relawan uji vaksin corona milik perusahaan China, Sinovac membludak hingga melebihi kebutuhan tim riset. Meski demikian, tim riset uji klinis vaksin Covid-19 masih membuka pendaftaran hingga sor.
  • Sabtu, 29 Agustus 2020 - 12:44:59 WIB

    Diuji Klinis di Bandung, Vaksin Covid-19 Ini Merupakan Vaksin Darurat di Cina

    Diuji Klinis di Bandung, Vaksin Covid-19 Ini Merupakan Vaksin Darurat di Cina HARIANHALUAN.COM - Kandidat vaksin Covid-19 yang sedang dikembangkan Sinovac Biotech di antaranya diuji klinis di Kota Bandung dipilih sebagai vaksin darurat oleh Pemerintah Cina. Izin diberikan menyongsong musim dingin pada .
  • Rabu, 26 Agustus 2020 - 21:27:21 WIB

    Usai 15 Hari Uji Klinis Vaksin Sinovac, Belum Ada Keluhan dari Relawan

    Usai 15 Hari Uji Klinis Vaksin Sinovac, Belum Ada Keluhan dari Relawan HARIANHALUAN.COM - Sejauh ini belum ada keluhan kesehatan dari relawan yang sudah menjalani penyuntikan uji klinis vaksin Covid-19. Meski demikian, komunikasi tetap dilakukan secara intensif antara tim dokter dan relawan untu.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]