Realisasi PAD Sumbar dari Sektor Pajak Tembus Rp811 Miliar


Rabu, 05 Agustus 2020 - 06:06:09 WIB
Realisasi PAD Sumbar dari Sektor Pajak Tembus Rp811 Miliar Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Selain Monitoring Control for Prevention (MCP), Kepala Satgas Koordinasi Pencegahan Wilayah IX KPK Sugeng Basuki mengatakan, realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sumbar dari sektor pajak hingga Juni 2020, adalah Rp811 Miliar. Besaran ini, menurut Sugeng masih relatif kecil dibandingkan waktu yang sama di tahun 2019 yang mencapai Rp836 Miliar atau turun sebesar Rp25 Miliar.

"Lantas, dari sisi aset tanah, dari jumlah total 403 bidang tanah milik Pemprov Sumbar, baru 263 persil yang telah bersertifikat atau 65,26 persen," kata Sugeng, kemarin.

Sugeng menyampaikan beberapa rekomendasi kepada Pemprov Sumbar untuk peningkatan aspek-aspek penilaian yang terdapat dalam MCP. Pertama, Pemprov Sumbar memastikan penyusunan rencana APBD 2021 telah memakai aplikasi perencanaan yang terintegrasi dengan penganggarannya.

Kedua, membentuk Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) yang mandiri dan Kelompok Kerja (Pokja) UKPBJ yang permanen sesuai amanat Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Ketiga, delegasikan kewenangan penyelenggaraan layanan perizinan dan non-perizinan kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Keempat, mendukung peningkatan kompetensi APIP.

Kelima, perbaikan sistem informasi dan basis data kepegawaian, penerapan absensi digital yang terhubung dengan sistem penilaian kinerja, dan menjalankan kebijakan Tambahan Pendapatan Pegawai (TPP) sebagai instrumen reward and punishment. Keenam, membentuk Unit Pengendali Gratifikasi (UPG).

"Ketujuh, menerapkan sistem pembayaran pajak online, yang dibarengi perbaikan basis data yang handal mengenai wajib pajak. Dan, kedelapan, pelaksanaan segera program Inventarisasi Tanah Instansi Pemerintah (INTIP)," tukasnya. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 05 September 2020 - 15:23:18 WIB

    Realisasi APBD di Bawah 45% di Awal September, Mendagri Berang

    Realisasi APBD di Bawah 45% di Awal September, Mendagri Berang HARIANHALUAN.COM - Menteri Dalam Negeri Jenderal Polisi (Purn) Muhammad Tito Karnavian mengungkapkan realisasi terkini anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) provinsi dan kabupaten/kota. Tito mengklaim terjadi akselera.
  • Senin, 20 Juli 2020 - 11:57:47 WIB

    Gegara Covid-19: Realisasi Investasi Diprediksi Meleset, Cari Kerja Bakal Makin Susah

    Gegara Covid-19: Realisasi Investasi Diprediksi Meleset, Cari Kerja Bakal Makin Susah HARIANHALUAN.COM - Investasi di dalam negeri diyakini tak akan mencapai target Rp 886 triliun yang ditetapkan untuk 2020. Bahkan skenario terburuk dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), realisasi investasi hanya menye.
  • Selasa, 07 April 2020 - 11:27:55 WIB

    PT Telkom Indonesia Mulai Realisasikan Buyback Saham

    PT Telkom Indonesia Mulai Realisasikan Buyback Saham JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) menyiapkan dana maksimum sebesar Rp1,5 triliun untuk melakukan pembelian kembali sahamnya di pasar saham alias buyback..
  • Rabu, 18 Maret 2020 - 09:38:48 WIB

    Siap 'Jemput Bola', Sawahlunto Targetkan Realisasi PBB Rp1,90 Miliar

    Siap 'Jemput Bola', Sawahlunto Targetkan Realisasi PBB Rp1,90 Miliar SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 27.102 lembar surat pemberitahuan pajak terhutang Pajak Bumi dan Bangunan (SPPT-PBB) senilai Rp1,90 miliar lebih diserahkan Pemerintah Kota Sawahlunto kepada kepala desa dan lurah untuk.
  • Rabu, 15 Januari 2020 - 19:53:19 WIB

    Realisasi Investasi Kota Padang Capai Rp1,4 Triliun

    Realisasi Investasi Kota Padang Capai Rp1,4 Triliun PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Padang mencatat, realisasi investasi di Kota Padang sepanjang Januari-September 2019 mencapai Rp1,4 triliun. Realisasi terseb.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]