Sebulan Diluncurkan, Sistem SIPD Sumbar Masih Temui Kendala


Rabu, 05 Agustus 2020 - 06:11:30 WIB
Sebulan Diluncurkan, Sistem SIPD Sumbar Masih Temui Kendala Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang diwakili Satuan Tugas (Satgas) Koordinasi Pencegahan Wilayah IX, menerima kunjungan perwakilan Pemprov Sumbar di Kantor KPK, Jakarta, Selasa, 4 Agustus 2020. Dok KPK.

HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang diwakili Satuan Tugas (Satgas) Koordinasi Pencegahan Wilayah IX, menerima kunjungan perwakilan Pemprov Sumbar di Kantor KPK, Jakarta, Selasa, 4 Agustus 2020. Agenda pertemuan membahas kemajuan dan hambatan dalam perbaikan tata kelola pemerintahan, serta upaya penyelamatan keuangan dan aset daerah.

Perwakilan Pemprov Sumbar yang hadir adalah Inspektur Daerah, Kepala Badan Keuangan Daerah, dan delapan staf dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Inspektur Provinsi Sumbar Mardi, mengatakan bahwa Pemprov Sumbar sekitar awal Juli 2020, mulai menerapkan aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) yang merupakan sistem aplikasi daring (online) yang dibangun oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Tapi, kami masih menemui kendala-kendala teknis dalam proses transisi data dan dokumen dari sistem lama ke SIPD. Akibatnya, sejumlah pekerjaan relatif terhambat penyelesaiannya,” ujar Mardi.

Selanjutnya, Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Pemprov Sumbar Zainuddin, menjelaskan bahwa pihaknya sejak 2012 lalu terus-menerus berusaha membenahi pola pengelolaan anggaran. Metode pembayaran diubah dari yang sebelumnya bersifat manual menjadi sistem elektronik atau daring.

“Dampaknya adalah berkurangnya kebutuhan bendahara pembayaran, karena sebagian besar pembayaran dilakukan melalui kerja sama dengan bank,” kata Zainudin. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]