Mode Sleep dan Hibernate di PC/Laptop Windows, Apa Saja Bedanya?


Rabu, 05 Agustus 2020 - 06:40:22 WIB
Mode Sleep dan Hibernate di PC/Laptop Windows, Apa Saja Bedanya? Foto: YT/TroubleChute

HARIANHALUAN.COM - Bagi pengguna PC atau laptop Windows tentu tidak asing lagi dong dengan mode Sleep dan Hibernate. Fitur ini disediakan Windows untuk menghemat daya pada PC atau laptop. Hanya saja, masih banyak orang yang belum paham dengan beberapa perbedaan dari kedua mode tersebut. Apa saja perbedaannya?.

1. Secara harfiah

Seperti dikutip dari Teknologi.id (Haluan Media Group), Rabu (5/8/2020), mode Sleep alias Tidur diartikan seperti tidur siang singkat pada manusia untuk penyegaran. Sedangkan, mode Hibernate atau Hibernasi diartikan sebagai tidur jangka panjang seperti beruang grizzly di musim dingin.

2. Konsumsi daya

Pada mode Sleep, maka sistem tetap mengonsumsi daya untuk ‘bernafas’, namun dalam jumlah yang lebih rendah. Salah satu bagian komputer yang akan tetap menyala saat mode Sleep diaktifkan adalah lampu notifikasi. Mode Sleep sangat berguna untuk mengemat listrik pada PC dan daya baterai pada laptop.

Sementara pada mode Hibernate, PC atau laptop benar-benar tidak mengonsumsi daya atau zero power sehingga bisa lebih menghemat listrik atau daya baterai.

3. Waktu bangun

Ketika PC atau laptop sedang dalam mode Sleep, maka kamu cukup menekan salah satu tombol keyboard untuk membangunkannya. Dalam waktu beberapa detik, PC atau laptop akan langsung aktif kembali karena sistem selalu siap siaga.

Berbeda dengan PC atau laptop yang dalam mode Hibernate, kamu tidak bisa membangunkannya secara langsung. Dibutuhkan beberapa saat hingga komputer siap digunakan kembali. Bisa dibilang komputer harus dinyalakan dari awal lagi ketika masa hibernasinya telah selesai.

4. Penerapan

Mode Sleep dan Hibernate ternyata memiliki anjuran penerapan yang berbeda. Kamu bisa menggunakan mode Sleep ketika komputer akan ditinggalkan untuk beberapa saat saja. Jadi, saat kamu kembali, komputer bisa langsung dihidupkan tanpa membutuhkan banyak waktu.

Sementara mode Hibernate lebih cocok digunakan ketika kamu akan meninggalkan komputer dalam jangka waktu yang cukup lama. Umumnya komputer akan langsung berhibernasi ketika masa tidurnya telah berakhir. Jadi, kamu tidak perlu khawatir saat lupa meninggalkan komputer dalam mode Sleep.

5. Fungsi proses

Dalam mode Sleep, semua proses yang sedang berlangsung di laptop atau PC akan berhenti dan pekerjaan-pekerjaan yang sedang dilakukan akan disimpan di dalam memori RAM. Dengan demikian, sistem akan kembali seperti semula tatkala komputer dibangunkan dan pekerjaan bisa langsung diteruskan.

Sedangkan dalam mode Hibernate, semua proses disimpan dalam hard disk laptop atau PC, sehingga kamu tidak bisa langsung menggunakan sistem dan melanjutkan pekerjaan sebelumnya, dikarenakan proses reboot setelah shutdown akan memakan waktu cukup lama.

6. Cara menonaktifkan

Saat sistem berada dalam mode Hibernate, kamu tidak akan dapat menggunakan sistem tersebut. Satu-satunya cara untuk kembali bisa menggunakan sistem adalah dengan menghidupkan laptop atau PC melalui tombol daya.

Berbeda dengan mode Sleep, dimana sistem masih menjalankan fungsi dasar di belakang dan tetap menggunakan daya listrik, kamu hanya perlu menekan salah satu tombol keyboard untuk langsung membuatnya bangun dan menggunakannya kembali.

Itulah 6 perbedaan Sleep dan Hibernate pada laptop atau PC. Untuk menghindari masalah sistem, kamu tidak boleh terlalu sering menggunakan kedua mode tersebut. Sebaiknya, matikan sistem ketika kamu sudah selesai menggunakan laptop atau PC agar seluruh komponen hardware maupun software tetap terjaga kondisinya. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 03 Agustus 2020 - 07:34:29 WIB

    Update Terbaru WhatsApp, Mulai dari Hapus Pesan Otomatis hingga Dark Mode

    Update Terbaru WhatsApp, Mulai dari Hapus Pesan Otomatis hingga Dark Mode HARIANHALUAN.COM - WhatsApp akan segera menghadirkan dua fitur yang paling ditunggu penggunanya. Yakni, hapus pesan otomatis dan satu nomor di beberapa ponsel atau device. Kedua fitur ini memang yang paling dinantikan penggun.
  • Rabu, 17 Juni 2020 - 16:48:28 WIB

    Yuk Dicoba, Ini Cara Mengaktifkan Dark Mode di iOS 12

    Yuk Dicoba, Ini Cara Mengaktifkan Dark Mode di iOS 12 HARIANHALUAN.COM - Rilisnya iOS 13 beberapa waktu lalu membawa fitur anyar Apple yaitu dark mode. Sayangnya, tidak semua pengguna iPhone dapat merasakan fitur ini. Wajib coba, berikut cara aktifkan dark mode di iOS 12. Fitur .
  • Sabtu, 09 Mei 2020 - 23:16:27 WIB

    Keren! Begini Tampilan Dark Mode Facebook

    Keren! Begini Tampilan Dark Mode Facebook Tampilan baru situs desktop Facebook akhirnya meluncur secara global setelah pertama kali diumumkan di ajang F8 tahun lalu. Desain baru ini membawa tampilan yang lebih sederhana dan dark mode yang telah lama ditunggu-tunggu..
  • Kamis, 09 April 2020 - 09:35:32 WIB

    Wah! Aplikasi Zoom Bakal Luncurkan Dark Mode?

    Wah! Aplikasi Zoom Bakal Luncurkan Dark Mode? TEKNO, HARIANHALUAN.COM -- Kegiatan Work from Home (WFH) saat sedang pandemi Covid-19 ini menjadikan aplikasi Zoom merupakan salah satu alat conference call yang paling populer saat ini. Nah, aplikasi ini kabarnya meluncurkan.
  • Sabtu, 28 Maret 2020 - 22:00:15 WIB

    7 Keunggulaan OPPO Reno2, Dilengkapi Mode Eye Protection

    7 Keunggulaan OPPO Reno2, Dilengkapi Mode Eye Protection JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Untuk mencegah penularan virus Corona agar jangan sampai meluas, sudah sejak seminggu ini diberlakukan kebijakan #DiRumahAja..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]