Biar Tidak Kesal, Ini Cara Blokir SMS Undian Berhadiah hingga Mamah Minta Pulsa


Rabu, 05 Agustus 2020 - 06:57:11 WIB
Biar Tidak Kesal, Ini Cara Blokir SMS Undian Berhadiah hingga Mamah Minta Pulsa Foto: Inisiatif News

HARIANHALUAN.COM - Para pengguna smartphone pasti kerap dibuat jenuh dengan munculnya SMS spam, seperti memenangkan undian uang atau barang, mamah minta pulsa, atau pun persetujuan pembelian suatu barang abal-abal. Jika hal ini terjadi, bisa saja pesan-pesan penting dari seseorang atau operator justru tenggelam oleh tumpukan SMS spam semacam itu.

Nah, bagi kalian yang sudah cukup muak dan tidak tahan ingin menghentikan SMS spam menganggu tersebut, dikutip dari Teknologi.id (Haluan Media Group), Rabu (5/8/2020), punya beberapa cara yang bisa kalian terapkan. Simak artikel ini sampai selesai, ya.

Cara Blokir SMS Spam di Android dan iPhone

1. Install Aplikasi Spam Blocker

Kalian bisa menghentikan SMS spam dengan meng-install aplikasi spam blocker. Salah satunya adalah Block Text yang dirilis oleh Key Messages. Aplikasi ini secara otomatis memblokir SMS spam dari pengirim yang tidak dikenal.

Kecerdasan buatan yang ditanamkan bisa membedakan mana nomor pribadi dan nomor yang digunakan oleh scammer atau telemarketer.

Selain itu, sebagian aplikasi spam blocker juga bisa memblokir panggilan dari nomor yang tidak dikenal.

2. Gunakan Fitur Bawaan HP

Sejumlah smartphone terbaru saat ini telah menyertakan fitur blokir SMS spam, salah satunya adalah smartphone merek Oppo.

Caranya mudah, masuklah ke menu pesan, lalu tekan dan tahan pada pesan yang ingin kamu blokir. Lalu, pilih opsi "Add to spam numbers". Selesai!

Sementara, untuk iPhone, buka teks dari nomor yang ingin kamu blokir dan ketuk nomor pengirim. Klik ikon info (i) dan klik nomor telepon. Kamu bisa memilih opsi "Blokir Penelepon" atau "Blokir Kontak", pilih sesuai kebutuhanmu.

3. Gunakan Settingan Bawaan HP

Banyak orang yang belum mengetahui bahwa di smartphone-nya terdapat fitur untuk memblokir SMS spam dari orang tak dikenal. Fitur ini bisa membantu menghilangkan pesan spam dan teks robot dengan memfilter spam di perangkat seluler kita.

Untuk perangkat iPhone, klik Pengaturan > Pesan > pilih Memfilter Pengirim Tidak Dikenal dan aktifkan pengaturan.

Untuk perangkat Android, pilih menu Telepon > ketuk ikon tiga titik di sebelah kanan atas > Pengaturan > Blokir > Blokir Pesan > pilih Blokir Pesan dari Nomor tidak Dikenal. 

Kamu juga bisa mengatur kata kunci untuk pesan spam dan masukkan kata-kata yang ingin kamu saring.

4. Laporkan ke Pihak Berwenang

Bila cara-cara di atas masih belum berhasil, kamu bisa melaporkan nomor spam ke otoritas yang berwenang. Per Desember 2018, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) membuka layanan aduan nomor telepon yang melakukan penipuan atau dianggap menyebar pesan spam.

Laporkan nomor tersebut ke akun Twitter @aduanBRTI dan nomor tersebut akan diblokir oleh Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI). Kamu cukup mengunggah screenshot pesan beserta nomor yang dianggap melakukan spam, lalu mention ke @aduanBRTI. Semakin banyak laporan, semakin cepat nomor tersebut bakal diblokir.

5. Ganti Nomor HP

Ini adalah cara pamungkas. Jika segala cara sudah dilakukan dan tak membuahkan hasil, lebih baik ganti nomor saja. Pastikan untuk mempertimbangkan matang-matang sebelum melakukannya.

Jika nomor baru telah terpasang di perangkatmu, jangan sembarangan untuk mengisi data pribadi di situs website yang tidak jelas kredibilitasnya. Biasanya, dengan iming-iming hadiah, orang-orang akan dengan mudah menyerahkan data pribadinya. Lindungi privasimu dengan tidak sembarangan menyebar data pribadi. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 06 September 2020 - 07:01:33 WIB

    Biar Tidak Tertipu, Begini Tips Beli Smartphone di E-Commerce

    Biar Tidak Tertipu, Begini Tips Beli Smartphone di E-Commerce HARIANHALUAN.COM - Perkembangan teknologi yang semakin maju diiringi dengan perkembangan platform digital yang semakin beragam membuat pola konsumen juga perlahan berubah..
  • Ahad, 06 September 2020 - 06:52:00 WIB

    Biar Memikat HRD, Lakukan Cara Ini saat Membuat CV Online

    Biar Memikat HRD, Lakukan Cara Ini saat Membuat CV Online HARIANHALUAN.COM - CV alias curriculum vitae atau biasa disebut riwayat hidup dalam bahasa Indonesia, merupakan salah satu elemen penting yang dibutuhkan seseorang ketika ingin melamar suatu pekerjaan..
  • Sabtu, 15 Agustus 2020 - 19:14:29 WIB

    Baterai Laptop Boros Bikin Kesal? Begini Tipsnya Biar Awet

    Baterai Laptop Boros Bikin Kesal? Begini Tipsnya Biar Awet HARIANHALUAN.COM - Salah satu masalah saat menggunakan laptop adalah ketahanan baterai yang tidak terlalu lama. Contohnya, saat kita menggunakan laptop terkadang muncul notifikasi baterai sudah habis padahal baru beberap.
  • Sabtu, 15 Agustus 2020 - 18:55:35 WIB

    Biar Gak Salah Arah, Begini Caranya Mengakuratkan Google Maps

    Biar Gak Salah Arah, Begini Caranya Mengakuratkan Google Maps HARIANHALUAN.COM - Bagi para pengguna smartphone Android, tentunya sudah tidak lagi asing dengan aplikasi peta bawaan, Google Maps. Selain digunakan sebagai aplikasi peta online untuk menemukan tempat-tempat yang sudah terin.
  • Jumat, 07 Agustus 2020 - 19:34:23 WIB

    3 Tips Ampuh Biar Bisa Beli Diamond Free Fire Murah dan Aman

    3 Tips Ampuh Biar Bisa Beli Diamond Free Fire Murah dan Aman HARIANHALUAN.COM - Free Fire merupakan salah satu game mobile terpopuler yang banyak dimainkan gamer di Indonesia dan seluruh dunia. Tercatat, game mobile besutan Garena tersebut saat ini menempati peringkat 3 sebagai game y.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]