Analisis BMKG Terhadap Gempa 5.2 M di Pantai Barat Sumatera, Terasa Kuat di Padang


Rabu, 05 Agustus 2020 - 07:35:57 WIB
Analisis BMKG Terhadap Gempa 5.2 M di Pantai Barat Sumatera, Terasa Kuat di Padang Dok BMKG

HARIANHALUAN.COM - Hari Rabu, 05 Agustus 2020 pukul 06.51.10 WIB wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M=5,1.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 1,66 LS dan 100,25 BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 49 km Barat Daya Pesisir Selatan, Sumatera Barat pada kedalaman 41 km.

Jenis dan Mekanisme Gempabumi

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmaht Triyono menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia menunjam ke bawah Lempeng Eurasia.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," kata Rahmat dalam keterangan tertulisnya, Rabu (5/8/2020).

Dampak Gempabumi

Rahmat juga menjelaskan, uncangan gempabumi ini dirasakan di Pesisir Selatan III-IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah), Padang, Pariaman, Padang Pariaman III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu), Padang Panjang, Bukittinggi, Agam II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI," tegasnya.

Gempabumi Susulan


Hingga hari Rabu, 05 Agustus 2020 pukul 07.00 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Rekomendasi

BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," imbaunya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg. (*)

loading...
 Sumber : Relis /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 29 Maret 2020 - 21:22:00 WIB

    Gempa 2,6 SR Guncang Bukittinggi, Ini Analisis BMKG

    Gempa 2,6 SR Guncang Bukittinggi, Ini Analisis BMKG PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Kota Bukittinggi diguncang gempa bumi tektonik pada Minggu (29/3/2020) pukul 19.33 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M2,6. Episenter gempabumi .
  • Jumat, 28 Februari 2020 - 23:35:49 WIB

    Gempa Darat Magnitudo 5,3 Guncang Bengkulu, Begini Analisis BMKG 

    Gempa Darat Magnitudo 5,3 Guncang Bengkulu,  Begini Analisis BMKG  JAKARTA,HARIANHALUAN.COM- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memutakhirkan gempa bumi tektonik Magnitudo 5,3 yang mengguncang wilayah darat Provinsi Bengkulu pada Jumat (28/2/2020), pukul 21.02 WIB menjadi M5,.
  • Kamis, 06 Februari 2020 - 22:33:52 WIB

    Gempa M 6,1 Guncang Sulut, Ini Analisis BMKG

    Gempa M 6,1 Guncang Sulut, Ini Analisis BMKG JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Gempa magnitudo 6,1 terjadi di Melonguane, Sulawesi Utara (Sulut). Pusat gempa berada di 160 km Barat laut, Melonguane. .
  • Rabu, 15 Agustus 2018 - 12:21:07 WIB

    Picu Gelombang Protes, Analisis Pakar Teroris Timbulkan Kontroversi

    Picu Gelombang Protes, Analisis Pakar Teroris Timbulkan Kontroversi PADANG, HARIANHALUAN.COM – Analisis yang dikemukakan pengamat terorisme Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh, Al Chaidar memicu gelombang protes dari lintas organisasi masyarakat Sumbar. Pernyataan Al Chaidar yang menyebu.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]