Hore, Dana Desa Bisa Dipakai untuk Penyediaan Internet


Rabu, 05 Agustus 2020 - 07:51:40 WIB
Hore, Dana Desa Bisa Dipakai untuk Penyediaan Internet Dok ANTARA

HARIANHALUAN.COM - Selain untuk membantu perekonomian masyarakat yang terdampak virus Corona atau Covid-19, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) mengatakan, bahwa penggunaan dana desa dapat disalurkan untuk jaringan internet yang dipasang di seluruh desa Indonesia.

Meski begitu, terdapat syarat agar pemasangan internet di desa dapat menggunakan Dana Desa.

"Tidak boleh di rumah kepala desa atau perangkat desa lainnya," ujar Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar dikutip dari Kontan.co.id, Rabu (5/8/2020).

Abdul Halim menjelaskan tidak terdapat pembatasan anggaran dalam pemasangan internet desa ini. Di tengah pandemi virus corona (Covid-19), internet sangat dibutuhkan dalam pembelajaran jarak jauh untuk siswa sekolah.

Untuk itu, Abdul Halim menegaskan agar akses internet gratis bagi siswa yang melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Selain itu, internet juga dapat dimanfaatkan untuk pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

"Bisa dijual ke rumah-rumah, bisa juga buat wifi terbuka lalu itu ada biayanya. Terserah hitungannya tapi tidak boleh banyak ambil untung dari itu, tapi juga BUMDes jangan dirugikan, ada perhitungan ekonominya," terang Abdul Halim.

BUMDes juga dapat mengembangkan penjualan berbasis digital. Asal tahu saja, dari total 10.629 BUMDes yang masih beroperasi di tengah Covid-19, hanya 2.153 Bumdes yang sudah menjadi BUMDes digital. (*)

loading...
 Sumber : Kontan.co.id /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 01 September 2020 - 19:42:27 WIB

    Hore, Tarif Listrik bagi Pelanggan Nonsubsidi yang Masuk Daftar Ini Turun

    Hore, Tarif Listrik bagi Pelanggan Nonsubsidi yang Masuk Daftar Ini Turun HARIANHALUAN.COM - PT PLN (Persero) siap melaksanakan keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tentang penurunan tarif adjustment untuk pelanggan golongan rendah. Penetapan ini berlaku untuk bulan Oktober-Desem.
  • Rabu, 19 Agustus 2020 - 15:29:09 WIB

    Hore, Besok Libur Nasional dan Jumat 21 Agustus Cuti Bersama

    Hore, Besok Libur Nasional dan Jumat 21 Agustus Cuti Bersama HARIANHALUAN.COM - Pemerintah telah memutuskan untuk cuti bersama tahun baru hijriyah 2020. Hal itu diteken dalam revisi cuti bersama 2020 oleh Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara.
  • Sabtu, 15 Agustus 2020 - 22:09:42 WIB

    Hore, Aturan Bantuan Rp 600 Ribu per Bulan Telah Terbit

    Hore, Aturan Bantuan Rp 600 Ribu per Bulan Telah Terbit HARIANHALUAN.COM - Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) nomor 14 tahun 2020 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi Gaji/Upah Bagi Pekerja/Buruh Dalam Penanganan Dam.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]