Risma Klaim Surabaya sudah Zona Hijau, Epidemiolog: Surabaya Masih Merah!


Rabu, 05 Agustus 2020 - 07:57:13 WIB
Risma Klaim Surabaya sudah Zona Hijau, Epidemiolog: Surabaya Masih Merah! Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini

HARIANHALUAN.COM - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini klaim Surabaya sudah masuk zona hijau. Menurut Risma, selain klaim risiko rendah penularan virus corona, angka kesembuhan kasus Covid-19 di Surabaya juga cukup tinggi. Tapi klaim tersebut menuai pro dan kontra di tengah masyarakat.

Hal itu juga dipertegas oleh Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya Irvan Widyanto.  Dari penjelasannya, perubahan status zona hijau itu berdasarkan kajian pakar epidemiologi yang diterima Pemkot Surabaya. Dari laporan tersebut, transmission rate di Surabaya telah berada di bawah angka satu. "Silakan yang menilai seperti apa, yang jelas kita warnanya sudah hijau," kata Irvan. 

Belum hijau  

Sementara itu, epidemiolog Airlangga ( Unair) Windhu Purnomo menampik kondisi Surabaya yang disebut sudah zona hijau. "Surabaya sama sekali belum hijau, masih merah," ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (4/8/2020). 

Apabila memang sudah hijau, menurutnya akan banyak aktivitas yang saat ini sudah dilakukan, termasuk di dunia pendidikan. Namun sekali lagi dirinya menegaskan untuk Surabaya masih belum (zona hijau). Oleh karena itu, dirinya mempertanyakan mengenai sumber data yang dipergunakan oleh Risma. 
"Lha itu dasarnya dari data mana? Katanya dari Kemenkes, padahal Pak Dirjen P2P Kemenkes (dr. Achmad Yurianto) membantah," kata Windhu. 

Saling Lempar

Terpisah, saat dikonfirmasi terkait zona hijau tersebut Kepala Bidang Humas Kementerian Kesehatan Busroni belum mengetahui data yang digunakan oleh Risma. 

"Saya belum cek data mana yang digunakan. Saya juga belum tahu. Sebaiknya cek ke Dinkes Jatim dengan Kadinkes-nya, karena data nasional diambil dari provinsi," kata Busroni pada Kompas.com, Selasa (4/8/2020). 

Sementara itu, Kadinkes Jatim Kohar Hari Santoso mengatakan dirinya tidak bisa memastikan mengenai zona hijau Surabaya. "Lho ya tanya ke Wali Kota Surabaya," katanya saat dihubungi terpisah Kompas.com, Selasa (4/8/2020). 

Klaim soal zona hijauh tersebut juga membuat Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa angkat bicara. Menurut Khofifah, yang berhak menentukan status zona sebuah daerah bukan pemerintah daerah tersebut, tetapi pemerintah pusat. "Yang menentukan status zona bukan pemkot, pemkab, atau pemprov, tapi satgas pusat sepekan sekali," kata Khofifah di Surabaya sebagaimana diberitakan Kompas.com (5/8/2020). (*)

loading...
 Sumber : kompas.com /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]