Minyak atau Mentega untuk Memasak, Mana yang Lebih Sehat?


Rabu, 05 Agustus 2020 - 08:44:20 WIB
Minyak atau Mentega untuk Memasak, Mana yang Lebih Sehat? Ilustrasi mentega. Foto: Pixabay/ponce_photography

HARIANHALUAN.COM - Minyak goreng dan mentega kerap digunakan sebagai pelengkap bahan masakan. Bahan tersebut sering digunakan untuk memasak lauk, hingga kue. Namun, antara minyak goreng dan mentega manakah yang paling sehat digunakan? Berikut penjelasannya spesialis gizi.

Dalam program Hidup Sehat, TvOne, Spesialis gizi klinis, dr. Feni Nugraha, MARS, M.Gizi, SpGK menjelaskan bahwa menggunakan minyak goreng dalam mengolah minyak bisa lebih menyehatkan dibandingkan dengan menggunakan mentega. Namun hal ini bergantung pada jenis minyak dan teknik pengolahannya.

"Minyak sendiri mengandung lemak jenuh dan tidak jenuh. Untuk menggoreng disarankan menggunakan minyak yang memiliki kandungan lemak jenuh tinggi karena akan stabil dan tidak mudah terurai kandungannya ketika diolah dalam suhu tinggi," kata dia dikutip dari Viva.co.id, Rabu (5/8/2020).

Dijelaskannya, minyak yang mengandung lemak jenuh yang baik untuk digunakan memasak adalah minyak sawit dan minyak kelapa. Di sisi lain, untuk mentega sendiri memiiliki kandungan 60 persen lemak jenuh, namun tinggi akan kandungan kolesterol.

"1 sdm mentega mengandung 11,5 gram lemak atau lebih rendah dibanding minyak yakni 13 hingga 14 gram lemak dalam takaran yang sama. Tetapi mentega mengandung 31mg kolesterol," tuutr dia.

Feni menjelaskan penggunaan mentega sendiri disarankan digunakan tidak untuk dipanaskan. Mentega bisa digunakan untuk dioleskan pada roti.

"Kalau mau digunakan untuk memasak bisa digunakan teknik tumis dengan suhu rendah tidak boleh lebih dari 175 derajat," ujarnya. (*)

loading...
 Sumber : Viva.co.id /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 08 Juli 2020 - 11:24:26 WIB

    Ingin Cepat Hamil? Cobalah Minyak Kelapa

    Ingin Cepat Hamil? Cobalah Minyak Kelapa HARIANHALUAN.COM - Minyak kelapa atau coconut oil biasanya dimanfaatkan untuk keperluan memasak atau untuk kesehatan kecantikan. Tapi tahukah Bunda bahwa minyak jenis ini juga kerap dimanfaatkan untuk kesuburan alias cara cep.
  • Rabu, 06 Mei 2020 - 14:14:49 WIB

    Banyak Tak Tahu, Ternyata Minyak Eukaliptus Ampuh Tangkal Corona hingga 80%

    Banyak Tak Tahu, Ternyata Minyak Eukaliptus Ampuh Tangkal Corona hingga 80% JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Ilmuah tengah menguji minyak dari pohon Eucalyptus sebagai antivirus corona. Balai Penelitian Rempah dan Obat Kementerian Pertanian mengatakan tahapanĀ terkini dariĀ uji itu sudah sampai molecular.
  • Sabtu, 04 April 2020 - 21:08:35 WIB

    Hits: Minyak Kelapa Jadi Obat Covid-19, Kerusakan Otak pada Pasien Corona

    Hits: Minyak Kelapa Jadi Obat Covid-19, Kerusakan Otak pada Pasien Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - SSejauh ini, vaksin atu pengobatan antivirus khusus untuk corona Covid-19 sedang tahap pengembangan. Di Filipina sendiri, peneliti berencana memulai uji klinis VCO, yakni minyak kelapa murni untuk .
  • Selasa, 31 Maret 2020 - 22:08:51 WIB

    7 Rekomendasi Minyak Esensial untuk Atasi Bibir Kering

    7 Rekomendasi Minyak Esensial untuk Atasi Bibir Kering JAKARTA, HARIANGALUAN.COM - Bibir kering dan pecah-pecah bisa begitu mengganggu. Untuk mengatasi rasa tidak nyaman akibat bibir pecah-pecah, Anda bisa menggunakan minyak esensial..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]