Masa Pandemi Saat yang Pas Menghafal Alqur'an, Berikut 4 Tips Agar Cepat Hafal


Rabu, 05 Agustus 2020 - 08:50:56 WIB
Masa Pandemi Saat yang Pas Menghafal Alqur'an, Berikut 4 Tips Agar Cepat Hafal Kitab suci Alquran.

HARIANHALUAN.COM - Masa pandemi Covid-19 adalah saat yang tepat untuk menghafal Alqur'an. Karena pada masa ini banyak orang yang memilih diam di rumah agar terhindar dari penularan virus. Saat banyak waktu di rumah, daripada mati gaya lebih baik menghafal Alqur'an.

Kitab suci Alquran merupakan firman Allah Subhanahu wa ta'ala yang diturunkan kepada Rasul-Nya, Nabi terakhir, penutup para Nabi, yaitu Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam. Alquran diawali dengan Surah Al Fatihah dan ditutup Surah An-Naas.

Banyak cara bagi kaum Muslimin untuk mentadaburi Alquran. Salah satunya dengan manghafal ayat-ayatnya. Akan banyak manfaat diraih ketika umat Islam mampu menghafal isi dari Alquran. Di antara yang utama adalah dapat lebih khusyuk ketika beribadah hingga menambah keimanan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

Kemudian ayat-ayat suci akan menjadi penyelamat di hari kiamat kelak. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam:

اقرأوا القرآن فإنه يأتي يوم القيامة شفيعا لأصحابه

"Bacalah Alquran karena ia akan datang pada hari kiamat sebagai syafaat bagi shahibul Quran." (HR Muslim Nomor 804)

Kemudian Muslim yang banyak hafalan Alquran akan semakin tinggi kedudukannya di surga. Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

يقال لصاحب القرآن اقرأ وارتقِ، ورتل كما كنت ترتل في الدنيا، فإن منزلك عند آخر آية تقرؤها

"Akan dikatakan kepada shahibul Quran (di akhirat): Bacalah dan naiklah, bacalah dengan tartil sebagaimana engkau membaca dengan tartil di dunia, karena kedudukanmu tergantung pada ayat terakhir yang engkau baca." (HR Abu Daud 2240, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Abi Daud)

Ada sejumlah kiat agar seorang Muslim dapat menghafal ayat-ayat suci Alquran. Berikut ini di antaranya, sebagaimana disampaikan ulama lulusan Arab Saudi Ustadz Dr Syafiq Riza Basalamah, dikutip dari unggahan akun Youtube-nya, Rabu (5/8/2020).

1. Niatkan membaca Alquran

Amalan harus ada niatnya dan semua orang akan mendapat apa yang diniatkan. Niatkan menghafal Alquran untuk meraih ridho Allah Subhanahu wa ta'ala. Alquran akan memberikan syafaat di hari kiamat, karena berisi petunjuk dari Allah Ta'ala.

"Membaca satu huruf Alquran seperti memberikan 10 kebaikan. Alquran pada hari kiamat kita akan diangkat derajatnya oleh hafalan Alquran-nya. Maka niatkanlah untuk itu. Bukan untuk mendapatkan penghargaan," jelas Ustadz Syafiq.

2. Cari waktu luang untuk menghafal

Di saat pendemi virus corona (covid-19) ini banyak orang lebih sering menghabiskan waktu di dalam rumah. Sebab di dalam rumah mencegah tertularnya wabah. Dikarenakan banyaknya waktu di rumah, maka luangkan waktu untuk menghafal Alquran.

"Carilah waktu untuk dirimu membaca Alquran dan lakukan saat pikiranmu fresh. Biasanya setelah Sholat Subuh otak masih segar dan lebih fresh untuk membaca Alquran," terangnya.

3. Mengafal sesuai kemampuan

Alquran terdiri dari 30 juz, 114 surat, 6.000-an ayat. Bagi waktu untuk menghafal ayat-ayat suci Alquran. Berapa banyak ayat yang disanggupi untuk menghafal.

"Di awal-awal usahakan tidak menghafal terlalu banyak. Lakukan sedikit demi sedikit. Seiring berjalannya waktu, hafalanmu akan semakin kuat. Yang awalnya satu jam baru hafal, lama-kelamaan dalam 30 menit sudah hafal. Bahkan bisa lebih cepat dari perkiraanmu," paparnya.

4. Memperdalam murojaah

Murojaah adalah terus membacanya dengan tujuan menjaga hafalan Alquran. Ayat-ayat tersebut harus diulang-ulang sampai hafalannya semakin kuat, sehingga pengalaman dan pemahamannya menjadi lebih baik.

"Allah Subhanahu wa ta'ala mencintai seseorang yang melakukan pekerjaan yang menyempurnakannya. Bukan hanya berbuah saja. Usahakan dan tanam di dalam dirimu engkau menghafal dengan itqan (ilmiah dan indah, red)," pungkasnya.

Wallahu a'lam bishawab. (*)
 

loading...
 Sumber : okezone.com /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]