Ilmuwan: Kelemahan Virus Covid-19 adalah Tidak Bisa Berkembang Biak dalam Air


Rabu, 05 Agustus 2020 - 08:54:37 WIB
Ilmuwan: Kelemahan Virus Covid-19 adalah Tidak Bisa Berkembang Biak dalam Air Virus corona COVID-19. Foto: Pixabay

HARIANHALUAN.COM - Para ilmuwan Rusia mengaku telah menemukan kelemahan dari virus corona. Tim peneliti dari Pusat Penelitian Negara Virologi dan Bioteknologi VECTOR Rusia di Novosibirsk, Siberia, telah menemukan bahwa air suhu kamar sebenarnya dapat memberikan jeda pada pertumbuhan penularan yang sangat menular.

Para peneliti dari pusat penelitian tersebut telah mengidentifikasi bahwa air normal dapat membantu membatasi pertumbuhan virus corona. Dalam studi tersebut, ditemukan bahwa 90 persen partikel virus corona akan mati dalam air bersuhu ruangan dalam rentang waktu 24 jam, sementara 99,9 terbunuh dalam 72 jam.

Peneliti Rusia lebih lanjut menemukan bahwa virus corona novel akan 'menyerah' pada air mendidih, karena dapat membunuh virus corona dengan segera.

Seperti dikutip dari Viva.co.id, Rabu (5/8/2020), tim peneliti juga menemukan bahwa air yang diklorinasi sangat efektif dalam membunuh virus. Ditemukan juga bahwa virus corona tidak berkembang biak dalam air yang diklorinasi dalam air laut, meskipun dapat bertahan untuk beberapa waktu. Umur penularan langsung tergantung pada suhu air.

Rusia telah membuat langkah besar dalam mengembangkan kandidat vaksin untuk memerangi pandemi. Menurut laporan terbaru, negara itu berencana untuk meluncurkan kampanye vaksinasi massal terhadap virus corona baru di bulan Oktober. Juga diyakini bahwa pekerja di garis depan, termasuk dokter dan guru, akan menjadi yang pertama untuk mendapatkan vaksin.

Para ilmuwan Rusia telah mengumumkan pada 15 Juli 2020 bahwa uji coba awal terhadap kandidat vaksin berbasis adenovirus yang dikembangkan oleh Gamaleya Institute telah selesai.

Sesuai laporan, Menteri Kesehatan, Mikhail Murashko, telah membuat pernyataan untuk memulai vaksinasi ekstensif pada Oktober, di mana pernyataan tersebut telah menimbulkan keraguan dari para ahli di seluruh dunia. (*)

loading...
 Sumber : Viva.co.id /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 24 Mei 2020 - 21:06:17 WIB

    Ilmuwan: Ada yang Aneh di Virus Corona

    Ilmuwan: Ada yang Aneh di Virus Corona HARIANHALUAN.COM - Seorang ilmuwan top di Australia meminta ada investigasi khusus untuk menyelidiki asal muasal sesungguhnya COVID-19 lantaran timnya menemukan bahwa virus tersebut secara unik bisa beradaptasi untuk menginfe.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]