Akhirnya Mahasiswa Terdampak Covid-19 Bisa Dapat KIP PTK, Simak Syaratnya


Rabu, 05 Agustus 2020 - 10:14:14 WIB
Akhirnya Mahasiswa Terdampak Covid-19 Bisa Dapat KIP PTK, Simak Syaratnya Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Arskal Salim. Dok Kemenag

HARIANHALUAN.COM - Kementerian Agama telah memperbarui regulasi Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah pada Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK). Program tersebut sekarang bisa diberikan kepada mahasiswa terdampak Covid-19.

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Arskal Salim mengatakan, revisi kebijakan ini tertuang dalam Keputusan Menteri Agama (KMA) No 565 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas KMA Nomor 361 Tahun 2020 tentang Pedoman Program Kartu Indonesia Pintar Kuliah Pada Perguruan Tinggi Keagamaan.

Terbit 15 Juli 2020, KMA 565/2020 menambah satu poin persyaratan calon penerima Program KIP Kuliah di PTK sebagaimana diatur dalam KMA 361/2020. Sebelumnya, ada lima syarat calon penerima Program KIP Kuliah pada PTK, yaitu:
 
1. Mahasiswa baru lulusan MA/MAK/Diniyah Formal/SMA/sederajat  angkatan tahun 2018, tahun 2019, dan tahun 2020;
2. Mahasiswa yang sedang menempuh studi pada tahun angkatan 2019/2020;
3. Memiliki keterbatasan ekonomi tetapi memiliki potensi akademik baik yang didukung bukti dokumen yang sah.
4. Tidak terlibat dan/atau terindikasi mengikuti kegiatan/organisasi yang bertentangan dengan Pancasila dan NKRI, dibuktikan dengan penandatanganan pakta integritas.
5. Sanggup tidak menikah selama menerima program KIP Kuliah.

"Persyaratan ini ditambah satu poin, mahasiswa yang terdampak Covid-19 dikarenakan status orang tua/wali, meninggal dunia dan mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK)," jelas Arskal dikutip dari Kemenag RI, Rabu (5/8/2020).

"Untuk syarat keterbatasan ekonomi, bisa dibuktikan dengan kepemilikan KIP saat MA/SMA/sederajat, kartu Program Keluarga Harapan, atau Kartu Jakarta Pintar," sambungnya.

Menurut Arskal, Kemenag mendapat amanah mendistribusikan 17.565 KIP Kuliah dari total mahasiswa 1,15 juta mahasiswa secara nasional. Sebanyak 14.565 kuota untuk KIP mahasiswa PTKIN, sedang 3000 kuota lainnya untuk mahasiwa PTKI swasta.

Kasubdit Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan Diktis Ruchman Basori menambahkan,  distribusi kuota KIP ke masing-masing PTKIN sudah selesai pada 2019. Adapun pendaftaran perguruan tinggi penyelenggara (PTP) KIP pada PTKIS ditutup per 27 Juli 2020.  Saat ini sedang berlangsung proses seleksi dan selanjutnya akan ditetapkan PTP PTKIS dengan SK Dirjen.

"Rekrutmen peserta KIP akan dilakukan pada rentang Agustus dan September. Jadi distribusi pencairan KIP akan dilakukan setelah September," jelasnya.

Ruchman berharap, program KIP Kuliah ini dapat membuka akses masyarakat kurang mampu untuk melanjutkan kuliah sehingga dapat membantu meningkatkan SDM Indonesia. (*)

loading...
 Sumber : Kemenag RI /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 01 Agustus 2020 - 06:39:06 WIB

    Asyik, Akhirnya Guru dan Dosen Bisa Ambil Cuti Tahunan

    Asyik, Akhirnya Guru dan Dosen Bisa Ambil Cuti Tahunan HARIANHALUAN.COM - Badan Kepegawaian Negara (BKN) menerbitkan aturan baru terkait cuti tahunan tenaga pendidikan. Pasalnya, tahun ini mulai dari PNS guru dan dosen diperbolehkan mengambil cuti tahunan. Ini terasa dengan PNS y.
  • Rabu, 18 Maret 2020 - 19:50:59 WIB

    Khawatir Corona, Pemko Padang Akhirnya Liburkan Sekolah PAUD, SD, dan SMP

    Khawatir Corona, Pemko Padang Akhirnya Liburkan Sekolah PAUD, SD, dan SMP PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Akhirnya Pemko Padang mengeluarkan instruksi untuk meliburkan sekolah tingkat PAUD (KB/SPS/TPA), SD, MTS, SMP Negeri dan Swasta se-Kota Padang dari 19 Maret hingga 1 April 2020. Instruksi ini tertu.
  • Selasa, 21 Januari 2020 - 20:02:07 WIB

    Setelah 100 Tahun, ITB Akhirnya Punya Rektor Perempuan

    Setelah 100 Tahun, ITB Akhirnya Punya Rektor Perempuan BANDUNG, HARIANHALUAN.COM – Reini Wirahadikusumah resmi menjabat sebagai Rektor ITB periode 2020-2025 menggantikan Kadarsah Suryadi. Reini merupakan rektor perempuan pertama dalam 100 tahun berdirinya salah satu universitas.
  • Ahad, 16 Juni 2019 - 00:02:42 WIB

    Karena Rekam Jejak Calon, Pemilihan Rektor Unand Akhirnya Ditunda

    Karena Rekam Jejak Calon, Pemilihan Rektor Unand Akhirnya Ditunda PADANG, HARIANHALUAN.COM – Pemilihan Rektor Universitas Andalas (Unand) Padang ditunda sementara, karena masing-masing calon belum memberikan laporan soal rekam jejak keuangan. Sidang senat Unand dengan agenda pemilihan Rek.
  • Jumat, 02 Juni 2017 - 14:03:49 WIB

    Papan Nama Gedung 'Rectorat' UNP Akhirnya Diperbaiki

    Papan Nama Gedung 'Rectorat' UNP Akhirnya Diperbaiki PADANG, HARIANHALUAN.COM—Papan nama gedung rektorat Universitas Negeri Padang (UNP) yang sebelumnya bertuliskan Rectorat and Research Center akhirnya diperbaiki. Sebelumnya terjadi kesalahan pemasangan nama Rectorat yang se.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]