Kasus Kusta di Kota Pariaman Rendah


Rabu, 05 Agustus 2020 - 13:59:24 WIB
Kasus Kusta di Kota Pariaman Rendah Plt Kadinkes Kota Pariaman, Syahrul

HARIANHALUAN.COM - Kasus penyakit Kusta di Kota Pariaman tergolong rendah. Dari awal Januari 2020 sampai hari ini, Rabu 5 Agustus 2020 cuma ada 1 kasus.

Namun tahun lalu, 2019 ada 10 kasus, 9 diantara penderitanya dapat disembuhkan setelah berobat. Sedang sisanya 1 kasus, penderitanya dalam pengobatan, rawat jalan.

"Saat ini ada  2 kasus penyakit Kusta yang dalam pengobatan, rawat jalan," lanjut Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman, H.Syahrul kepada harianhaluan.com, Rabu (5/8/2020).

Biarpun persentase rendah terhadap kasus ini, namun tidak boleh diabaikan, karena penyakit ini bisa menimbulkan cacat bagi penderitanya bila tak tertangani secara dini dan serius.

Syahrul yang didampingi Kabit Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Rio Arisandi menambahkan, obat penyakit Kusta sudah tersedia di puskesmas. "Jadi penyakit ini secara medis dapat disembuhkan," ucapnya lagi.

Dalam pencegahan penyakit Kusta,  petugas di puskesmas tetap melakukan pemantauan, sehingga kasusnya bisa terus diminimalisir, kalau bisa nol kasus.

"Perilaku hidup bersih dan sehat, langkah paling baik dalam pencegahan penyakit ini," kata Syahrul mengakhiri. (*)

 

loading...
Reporter : Trisnaldi /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]