Ini 10 Provinsi dengan Angka Stunting Tertinggi di RI


Rabu, 05 Agustus 2020 - 14:42:57 WIB
Ini 10 Provinsi dengan Angka Stunting Tertinggi di RI Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Meskipun dinilai sudah mengalami penurunan sejak 2013, namun angka kekurangan gizi pada balita (stunting) di Indonesia saat ini masih mencapai 27,6%. 

Berdasarkan data yang disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), setidaknya ada 10 provinsi yang memiliki prevalensi stunting tertinggi di Indonesia. Mayoritasnya, berada di wilayah Timur Indonesia.

"Kita fokus aja menurunkan angka stunting di 10 provinsi yang memiliki prevalensi stunting tertinggi," kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (5/8/2020).

Adapun 10 provinsi yang dimaksud adalah Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Barat, Gorontalo, Aceh, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Tengah.

"Untuk itu, saya juga ingin minta para gubernur, nanti mendagri (Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian) juga bisa menyampaikan gubernur, bupati, wali kota sampai ke kepala desa terutama agar 10 provinsi tersebut agar betul-betul fokus dan konsentrasi untuk penurunan stunting," katanya.

Baca: Pencegahan COVID-19 & Stunting Ternyata Sejalan, Ini Caranya
Dalam kesempatan berbeda, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan pemerintah akan fokus untuk mengurangi angka stunting di 10 provinsi tersebut. Hal itu dilakukan agar angka stunting bisa mencapai target 14% pada 2024 mendatang.

"Pada hakikatnya, untuk mencapai penurunan angka stunting di 2024 menjadi 14%," kata Terawan. (*)

loading...
 Sumber : CNBC Indonesia /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 22 September 2020 - 16:57:41 WIB

    Rekor! Hari Ini 160 Orang Meninggal Akibat Covid-19

    Rekor! Hari Ini 160 Orang Meninggal Akibat Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Penambahan pasien yang meninggal dunia dengan status konfirmasi positif Covid-19 mencatatkan rekor pada Selasa (22/9) ini. Satgas Penanganan Covid-19 melaporkan ada 160 kasus kematian dalam 24 jam terakhir..
  • Selasa, 22 September 2020 - 12:41:04 WIB

    Ada Suara Tertawa di Pemakaman COVID-19, Begini Reaksi Warganet

    Ada Suara Tertawa di Pemakaman COVID-19, Begini Reaksi Warganet HARIANHALUAN.COM - Media sosial dihebohkan dengan prosesi pemakaman jenazah dengan protokol COVID-19. Yang membuat video viral itu mencuat terdengarnya suara tertawa saat prosesi pemakaman tersebut. .
  • Selasa, 22 September 2020 - 09:32:42 WIB

    Tekan Angka Kematian Covid-19, Ini Saran Luhut ke Kemenkes

    Tekan Angka Kematian Covid-19, Ini Saran Luhut ke Kemenkes HARIANHALUAN.COM — Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah berhasil menyusun protokol standar terapi penanganan Covid 19. Menko Marves Luhut B. Pandjaitan sebagai Wakil Ketua Komite Kebijakan Pengendalian.
  • Selasa, 22 September 2020 - 09:19:07 WIB

    Jangan Diturunkan ke Dagu, Begini Cara Buka dan Tutup Masker yang Benar

    Jangan Diturunkan ke Dagu, Begini Cara Buka dan Tutup Masker yang Benar HARIANHALUAN.COM - Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) terus bergerak dalam meningkatkan pembangunan kualitas manusia Indonesia. Di tengah Pandemi Covid-19 seperti sekarang, peran tersebut.
  • Selasa, 22 September 2020 - 08:07:21 WIB

    Ini Prosedur Pasien Covid-19 yang Ingin Isolasi Mandiri di Hotel

    Ini Prosedur Pasien Covid-19 yang Ingin Isolasi Mandiri di Hotel HARIANHALUAN.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio menjelaskan, hingga saat ini dukungan dari industri perhotelan untuk program isolasi mandiri pasien Konfirmasi Tanpa Gejala semakin tinggi. Hal .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]