Perda Pencegahan Prostitusi Gagal Dijalankan Pemko Jambi


Rabu, 05 Agustus 2020 - 20:04:28 WIB
Perda Pencegahan Prostitusi Gagal Dijalankan Pemko Jambi ilustrasi prostitusi

HARIANHALUAN.COM – Anggota DPRD Kota Jambi, Abdullah Thaif menilai Pemerintah Kota (Pemko) Jambi gagal dalam menjalankan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2014 tentang pencegahan prostitusi. Pasalnya, aparat penegak hukum di Jambi kerap mendapati pasangan mesum di berbagai tempat di Kota Jambi. 

Mirisnya, petugas pun kerap mendapati pasangan mesum yang terbilang masih dibawah umur. Teranyar, tim gabungan di jajaran Pemkot Jambi pada 8 Juli lalu berhasil mengamankan 37 anak muda pasangan mesum. Mereka terjaring oleh petugas di berbagai hotel melati di Kota Jambi, Jambi. Abdullah Thaif sangat menyayangkan peristiwa itu terjadi.

Seharusnya, kata dia, hal demikian tidak terjadi jika pemerintah daerah tegas dalam menerapkan aturan Perda tentang prostistusi. “Itu hal yang memalukan bagi kita, karna seharusnya itu tidak terjadi bila pemerintah melaui Sat Pol-PP yang merupakan penegak Perda menjalankan tugasnya, karna kita telah memiliki perda no 2 tahun 2014 tentang itu (prostitus,red) ,” katanya, Rabu (29/7/2020).

Menurutnya, peristiwa yang memalukan tersebut bukan yang pertama kalinya terjadi. Bahkan menurutnya, aparat penegak hukum di Jambi kerap mendapati pasangan mesum diberbagai tempat dipenginapan di Kota Jambi. Kemudian, Anggota Komisi IV DPRD Kota Jambi itu berharap Pemkot Jambi tegas terhadap hotel yang diduga lalai dalam menjalankan Perda Nomor 2 Tahun 2014.

“Setelah perda ini lahir dan kita berharap Pemkot tegas dalam hal ini untuk menutup hotel yang telah lalai dalam perda ini (Perda Nomor 2 Tahun 2014, red),” tukasnya.

Ia berpandangan, jika Pemkot Jambi serius dalam menjalankan Perda tersebut, maka pihak lain akan merasa takut sendiri untuk melakukan apa yang telah dilarang, terutama bagi penyedia tempat seperti penginapan dan perhotelan. “Kejadian ini membuktikan bahwa perda itu tidak di laksanakan,” imbuhnya.

Tertait terjaringnya puluhan pasangan ABG beberapa waktu lalu, diakuinya bahwa Komisi IV DPRD Kota Jambi telah memangil beberapa pihak terkait untuk melakukan RDP (Rapat Dengar Pendapat). Diketahui, sebelumnya tim gabungan yang terdiri dari TNI dan Polri di Jambi bersama Pemerintah Kecamatan Pasar Kota Jambi, Jambi berhasil mengamankan pasangan mesum sebanyak 37 pasang dikamar Hotel di Kota Jambi.

Mursida, Camat Pasar Kota Jambi, Jambi mengatakan ditangkapnya pasangan muda sebanyak 37 pasang itu dalam rangka menetibkan penyakit masyarkak, karena adanya laporan warga. Menurutnya, dalam operasi tersebut banyak terjaring anak remaja dibawah umur. Bahkan, diantaranya masih ada yang berusia 13 hingga 15 tahun.

“Bahkan kita juga menemukan 1 perempuan dengan 6 laki-laki dalam satu kamar hotel. Begitu juga petugas juga mendapati obat kuat dan alat kontrasepsi,” ujarnya. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 24 Agustus 2020 - 10:26:39 WIB

    Sidang Perdana Praperadilan Anita Kolopaking Digelar Hari Ini

    Sidang Perdana Praperadilan Anita Kolopaking Digelar Hari Ini HARIANHALUAN.COM - Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dijadwalkan menggelar sidang perdana praperadilan bagi tersangka dugaan pembuatan surat jalan palsu Djoko Tjandra, Anita Kolopaking. Sidang diagendakan akan digelar Senin (.
  • Rabu, 19 Agustus 2020 - 19:30:09 WIB

    Anies Bangun Kembali Kampung Akuarium, Ahok: Pak Anies Punya Cara Langgar Perda?

    Anies Bangun Kembali Kampung Akuarium, Ahok: Pak Anies Punya Cara Langgar Perda? HARIANHALUAN.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali membangun Kampung Susun Akuarium, di Penjaringan, Jakarta Utara (Jakut). Hal ini dipertanyakan Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok, karena sebagaimana diketah.
  • Ahad, 16 Agustus 2020 - 14:40:02 WIB

    Usai Terima Bintang Jasa, Ini Kritikan Perdana Fadli Zon ke Jokowi

    Usai Terima Bintang Jasa, Ini Kritikan Perdana Fadli Zon ke Jokowi HARIANHALUAN.COM - Waketum Gerindra Fadli Zon baru saja menerima Bintang Mahaputera Nararya dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tak berselang lama, mantan Wakil Ketua DPR itu langsung melempar kritik ke Jokowi. .
  • Rabu, 05 Agustus 2020 - 19:53:25 WIB

    Berkasnya P-21, Pemilik PS Store akan Jalankan Sidang Perdana

    Berkasnya P-21, Pemilik PS Store akan Jalankan Sidang Perdana HARIANHALUAN.COM – Berkas kasus perkara Putra Siregar atas dugaan pelanggaran kepabeanan telah rampung dan dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Jakarta Timur pada, Kamis (30/7/2020) lalu. Hal tersebut dikatakan langsung oleh Ke.
  • Kamis, 30 Juli 2020 - 23:03:07 WIB

    Djoko Tjandra Tiba di Halim Perdanakusuma Pukul 22.45 WIB

    Djoko Tjandra Tiba di Halim Perdanakusuma Pukul 22.45 WIB HARIANHALUAN.COM - Djoko Tjandra, terpidana korupsi perkara pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali senilai Rp904 miliar, tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pada Kamis (30/7/2020) sekira pukul 22.45 WIB dari Ma.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]