Budidaya Bawang Putih, Keltan Toboh Organik Panen 1,5 Ton


Rabu, 05 Agustus 2020 - 21:01:32 WIB
Budidaya Bawang Putih, Keltan Toboh Organik Panen 1,5 Ton Kelompok Tani Toboh Organik, Nagari Malalak Timur, Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam, melakukan panen perdana bawang putih pada Rabu (5/8/2020).

HARIANHALUAN.COM - Kelompok Tani Toboh Organik, Nagari Malalak Timur, Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam, melakukan panen perdana bawang putih pada Rabu (5/8/2020). Panen perdana ini dilakukan oleh Kadis Pertanian diwakili Kabid Holtikultura Sari Mustika, Camat Malalak Ricky Eka Putra, Forkopimca, penyuluh pertanian, Wali nagari se-Malalak dan anggota kelompok tani.

Camat Malalak, Ricky Eka Putra menyebutkan bahwa produksi bawang putih pada panen perdana ini mencapai 1,5 ton, dengan luas tanam sekitar satu hektar yang dikelola Keltan Toboh Organik. “Untuk perdana hasil produksinya cukup bagus, tinggal mendorong pola pengelolaannya agar produksi lebih meningkat,” ujar Ricky.

Ia menambahkan, bawang putih ini merupakan komoditas baru yang dikembangkan Keltan Toboh Organik, mereka termotivasi setelah mendapatkan bantuan bibit dari Dinas Pertanian Kabupaten Agam beberapa bulan lalu. Mendapatkan bantuan tersebut, Keltan bertekad untuk membudidayakan bawang putih, disamping pengembangan berbagai komoditas hortikultura lainnya.

“Alhamdulillah, setelah usaha yang dilakukan Keltan, hari ini kita bisa melakukan panen perdana,” imbuh Ricky.

Keltan yang dibentuk pada 2012 ini, sudah memiliki anggota sebanyak 25 orang. Mereka terus bergerak untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam menghadapi masa sulit di tengah pandemi Covid-19. (*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Sumber : Agam Media Center /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]