Kantor dan Rumah Sakit Jadi Klaster Baru Penyebaran Covid-19 di Riau


Rabu, 05 Agustus 2020 - 23:22:31 WIB
Kantor dan Rumah Sakit Jadi Klaster Baru Penyebaran Covid-19 di Riau ilustrasi Covid-19

HARIANHALUAN.COM - Kasus Covid-19 di Riau terus saja meningkat. Hari ini tercatat ada 29 kasus positif baru. Gubernur Riau Syamsuar membeberkan klaster baru sebagai pusat penyebaran virus ini, yakni rumah sakit dan kantor.

"Hari ini total positif kita sudah 606 orang. Dan 110-nya tenaga medis dan nonmedis yang berada di rumah sakit. Tapi meski begitu, alhamdulillah banyak yang sudah sehat," ujar Syamsuar, Rabu (5/8/2020) di Balai Pauh Janggi, Pekanbaru saat memimpin rapat percepatan penanganan Covid-19 bersama Forkopinda Provinsi Riau.

"Selain itu, 100 lebih juga dari aparat. Dari kantor. Makanya sekarang klasternya dari kantor. Maka, ini harus segera ditindaklanjuti. Semua kantor saya minta kepada semua bupati dan wali kota, harus dites swab. Ingat, swab, bukan rapid test lagi," tambahnya.

Sementara itu, Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Riau Dokter Indra Yovi meminta agar kepala daerah segera memetakan daerah mana saja yang rentan penularan Covid-19. Sebab menurutnya, di seluruh Indonesia, tempat kerja merupakan klaster paling banyak. "Seluruh Indonesia, tempat paling rentan penularan itu tempat kerja. Kedua rumah sakit, ketiga tempat hiburan, dan terakhir taman berkumpul," ungkapnya.

Selain itu, Indra Yovi juga berharap petinggi-petinggi instansi agar membuat aturan larangan kumpul-kumpul meskipun sesama rekan kerja. "Orang di kantor, begitu juga rumah sakit, saat kerja patuh. Pada pakai masker. Tapi ketika sudah makan siang, habis. Semua masker turun. Belum lagi nanti pas ada ulang tahun, ada arisan. Semua kumpul-kumpul. Ini masalahnya," ujarnya. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 22 September 2020 - 07:54:38 WIB

    1.700 Kantor KUA di Seluruh Indonesia Direhab Tahun Ini

    1.700 Kantor KUA di Seluruh Indonesia Direhab Tahun Ini HARIANHALUAN.COM - Kementerian Agama akan merehab 1.700 Kantor Urusan Agama (KUA) pada tahun ini. Hal ini disampaikan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid saat Rapat  Dengar Pendapat bersama DPD RI, melalui sambungan video conf.
  • Senin, 14 September 2020 - 07:40:24 WIB

    PSBB Jakarta Berlaku Hari Ini, Kapasitas Kantor Hanya Boleh 25%

    PSBB Jakarta Berlaku Hari Ini, Kapasitas Kantor Hanya Boleh 25% HARIANHALUAN.COM - DKI Jakarta menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ketat yang berlaku mulai hari ini. Beberapa hal yang menjadi point PSBB ketat, yakni pertama yaitu kapasitas kantor 25%, 11 sektor boleh 50%..
  • Senin, 14 September 2020 - 06:22:50 WIB

    PSBB Ketat Jakarta, Anies: Kapasitas Kantor Maksimal 25%

    PSBB Ketat Jakarta, Anies: Kapasitas Kantor Maksimal 25% HARIANHALUAN.COM  - Mulai hari ini hingga dua pekan ke depan, PSBB ketat di DKI Jakarta mulai diberlakukan untuk meredam penyebaran virus Corona. Kapasitas karyawan dalam gedung perkantoran baik pemerintah maupun swasta diba.
  • Ahad, 06 September 2020 - 12:39:29 WIB

    6 Orang Reaktif Covid-19, Kantor Luhut WFH 2 Pekan!

    6 Orang Reaktif Covid-19, Kantor Luhut WFH 2 Pekan! HARIANHALUAN.COM - Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) yang dipimpin Menteri Luhut Binsar Pandjaitan ini serius dalam melaksanakan pemutusan mata rantai penyebaran virus Covid-19..
  • Rabu, 02 September 2020 - 08:39:35 WIB

    7 Jurus Kemnaker Hentikan Klaster Perkantoran

    7 Jurus Kemnaker Hentikan Klaster Perkantoran HARIANHALUAN.COM - Guna memastikan protokol kesehatan di perusahaan dan tempat usaha, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus melakukan upaya pencegahan dan pemutusan pandemi Covid-19. Meski wabah Covid-19 belum hilang,.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]