Jokowi Tertunduk dan Mengernyitkan Dahi saat Umumkan Ekonomi RI Kuartal II Jatuh -5,32%


Kamis, 06 Agustus 2020 - 10:16:23 WIB
Jokowi Tertunduk dan Mengernyitkan Dahi saat Umumkan Ekonomi RI Kuartal II Jatuh -5,32% Presiden Joko Widodo pada Ratas Penggabungan BUMN Sektor Aviasi dan Pariwisata, 6 Agustus 2020. (Dok: Tangkapan layar Sekretariat Presiden)

HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka rapat terbatas dengan topik pembahasan penggabungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di sektor aviasi dan pariwisata di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan.

Di depan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju, Jokowi angkat bicara perihal data terbaru pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2020 yang baru saja dirilis Badan Pusat Statistik (BPS).

"Pertumbuhan ekonomi kita di kuartal II jatuh di angka minus 5,32%," kata Jokowi yang tampak mengernyitkan dahi, Kamis (6/8/2020).

Jokowi lantas menyoroti komponen pembentuk pertumbuhan ekonomi yang mengalami kontraksi cukup dalam. Salah satu yang menjadi perhatian Jokowi, adalah di sektor pariwisata.

"Angka yang saya peroleh di triwulan II-2020 wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia itu 482 ribu. Ini turun 81% secara quarter to quarter, dan turun 87% secara year on year," katanya.

BPS sebelumnya mengumumkan angka output perekonomian atau Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia pada periode kuartal II-2020. Seperti yang sudah diperkirakan, ekonomi Indonesia mengalami kontraks alias pertumbuhan negatif.

Data otoritas statistik mencatatkan, PDB Indonesia sepanjan April - Juni 2020 mengalami kontraksi -5,32% dibandingkan periode sama tahun lalu (year on year/yoy). Adapun dibandingkan kuartal sebelumnya, PDB kuartal II-2020 mengalami kontraksi -4,19%.

Dua kontraksi berturut-turut ini akhirnya membuat Indonesia masuk ke fase resesi teknikal. Pasalnya, pada kuartal I-2020 secara quarter to quarter, PDB Indonesia mencatatkan minus 2,41%.(*)

loading...
 Sumber : CNBC /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 04 September 2020 - 16:10:21 WIB

    Intip Deretan Gurita Bisnis Putra Sulung Jokowi yang Maju Pilwako Solo

    Intip Deretan Gurita Bisnis Putra Sulung Jokowi yang Maju Pilwako Solo HARIANHALUAN.COM - Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka makin mantap terjun ke dunia politik. Tepat pada hari pendaftaran dibuka, Jumat (4/9) ini, Gibran bersama Teguh Prakosa rencananya mau menda.
  • Rabu, 02 September 2020 - 22:54:51 WIB

    Utang di Periode Jokowi Lebih Banyak 300 Persen Dibanding Zaman SBY

    Utang di Periode Jokowi Lebih Banyak 300 Persen Dibanding Zaman SBY HARIANHALUAN.COM - Ekonom senior Indef Didik J Rachbini menyoroti jumlah utang di era Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ditaksir meningkat lebih tinggi dibandingkan rezim Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Didik menilai penerbi.
  • Jumat, 28 Agustus 2020 - 16:13:10 WIB

    Jokowi Bagi-bagi Kredit Lunak Bunga 0%, Begini Cara Mendapatkannya...

    Jokowi Bagi-bagi Kredit Lunak Bunga 0%, Begini Cara Mendapatkannya... HARIANHALUAN.COM - Para pelaku usaha mikro kecil dipastikan akan kembali mendapatkan bala bantuan dari pemerintah. Setelah hibah senilai Rp 2,4 juta dalam bentuk bantuan presiden, nantinya para pelaku usaha akan mendapatkan k.
  • Rabu, 26 Agustus 2020 - 14:24:14 WIB

    Rencana Besar Jokowi: Bangun North Java Super Corridor

    Rencana Besar Jokowi: Bangun North Java Super Corridor HARIANHALUAN.COM - Pemerintah punya rencana besar, yakni membangun sebuah kawasan industri terintegrasi di Pulau Jawa. Kawasan tersebut disebut dengan North Java Super Corridor atau Koridor Super Utara Jawa. .
  • Selasa, 18 Agustus 2020 - 10:47:23 WIB

    Anda Dapat Rp 600 Ribu dari Jokowi atau Tidak? Cek di Sini

    Anda Dapat Rp 600 Ribu dari Jokowi atau Tidak? Cek di Sini HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan bantuan sebesar Rp Rp 600 ribu per bulan selama empat bulan ke depan. Bantuan ini diberikan kepada peserta BPJamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan yang gajinya di bawa.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]