Ajudan Wagub Sumbar Positif Covid-19, Ini Penjelasan Jubir Penanganan Virus Corona


Kamis, 06 Agustus 2020 - 12:49:43 WIB
Ajudan Wagub Sumbar Positif Covid-19, Ini Penjelasan Jubir Penanganan Virus Corona Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Jasman Rizal.

HARIANHALUAN.COM - Virus corona sempat dikendalikan beberapa waktu lalu di Sumbar, bahkan Positivity Rate mencapai 1,46 persen yang merupakan PR terendah dan terbaik secara nasional. Namun belakangan, kasus positif terinfeksi kembali mencuat, bahkan pada momen Idul Adha 1441 Hijriah pekan lalu sempat dilaporkan sebanyak 41 kasus.

"Virus corona di Sumbar telah dapat dikendalikan, namun beberapa hari terakhir penemuan kasus baru kembali dilaporkan yang didominasi dari imported case dan lingkungan kerja," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Jasman Rizal, Kamis (6/8/2020).

Lanjut Jasman, sehubungan telah merambahnya virus corona di lingkungan Pemrov Sumbar yang dibuktikan dengan positifnya salah seorang ajudan Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit. Maka dilakukan tindakan dengan tes PCR kepada seluruh ajudan, sespri, sopir dan seluruh keluarga Wagub.

"Alhamdulillah semua elemen yang di tes swab dari lingkungan Wagub Sumbar hasilnya negatif," kata Jasman.

Begitupun Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, seluruh keluarga, beserta sespri, ajudan, sopir serta semua staf di rumah Dinas Gubernur juga telah dilakukan test swab dengan hasil negatif. Kemudian, turut serta wartawan dan pejabat yang sempat kontak erat dengan ajudan Wakil Gubernur juga diperiksa sampelnya kemaren, hasilnya diketahui negatif.

Sebelumnya diberitakan bahwa, satu orang ajudan Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit dinyatakan positif terinfeksi virus corona setelah menjalani swab tes pada Selasa, (4/8/2020 lalu. Ia dikategorikan kedalam kasus Orang Tanpa Gejala (OTG) karena kondisinya sehat-sehat saja. Saat ini tengah isolasi di gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sumbar.

Ajudan Wagub tersebut menyebutkan, jika dirinya diketahui positif Covid-19 setelah menerima informasi dari Kepala Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dr Andani Eka Putra Selasa malam.

Meski terpapar, berdasarkan keterangan dari dr Andani, kondisinya sehat bahkan mendekati kesembuhan. Diperkirakan dalam kurun waktu lima hari kedepan, sudah bisa keluar dari dari BPSDM dan melanjutkan isolasi mandiri dirumah sebagai bentuk kepatuhan terhadap protokol penanganan Covid-19.

“Saya dapat informasi Selasa malam. Insya Allah kata dr Andani, saya mendekati kesembuhan, lima hari kedepan, saya diperkirakan sudah boleh pulang. Tetapi tetap harus menjaga kesehatan, dan menerapkan protokol Covid-19. Saya harus tetap istirahat dan melanjutkan isolasi selama 14 hari,” ujarnya, Rabu (5/8/2020) kemaren.

Sementara di Kabupaten Agam, Jasman Rizal menyebutkan jika banyaknya temuan kasus positif Covid-19 di daerah IV Koto, akan dilakukan swab masif dan dianjurkan Dinkes Agam koordinasi dengan Dinkes Kota Bukittinggi, karena yang positif ada yang mempunyai toko di Kota Bukitinggi.

Ia juga menginformasikan bahwa semua sampel tersebut adalah hasil proses tracing dari warga yang sebelumnya positif dan semua yang terpapar adalah Orang Tanpa Gejala (OTG) atau lebih dikenal dengan istilah baru dinamakan Suspek. (*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 26 Agustus 2020 - 10:47:20 WIB

    Ajudan Wakil Walikota Payakumbuh Ikut Terpapar Corona

    Ajudan Wakil Walikota Payakumbuh Ikut Terpapar Corona HARIANHALUAN.COM - Setelah Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz yang terkonfirmasi positif Covid-29 pada sepekan lalu, kini ajudannya juga ikut terpapar virus mematikan tersebut..
  • Rabu, 05 Agustus 2020 - 22:43:29 WIB

    Ajudannya Positif Covid-19, Ini Penjelasan Wagub Nasrul Abit

    Ajudannya Positif Covid-19, Ini Penjelasan Wagub Nasrul Abit HARIANHALUAN.COM - Seorang ajudan Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit dinyatakan positif terinfeksi virus corona setelah menjalani swab tes pada Selasa (4/8/2020) kemaren. Dia dikategorikan ke dalam kasus Orang Tanpa Gejala (O.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]