Aliran Dana dalam Kasus Red Notice Djoko Tjandra Mulai Diselidiki Bareskrim Polri


Kamis, 06 Agustus 2020 - 15:12:42 WIB
Aliran Dana dalam Kasus Red Notice Djoko Tjandra Mulai Diselidiki Bareskrim Polri Kadiv Humas Polri, Irjen Argo Yuwono

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM  - Penanganan kasus terpidana kasus cessie Bank Bali, Joko Soegiarto Tjandra alias Djoko Tjandra terus dikembangkan Bareskrim Polri dengan memulai penyidikan dugaan kasus suap terkait red notice Djoko Tjandra.

"Jadi setelah dilakukan penyelidikan terhadap objek perkara tentang aliran uang yaitu yang menerima dan yang memberikan hadiah sesuai dengan red notice atas nama Joko Soegiarto Tjandra dan sesuai dengan surat penyelidikan yang dikeluarkan oleh Direktorat Tipikor yang sudah kita lakukan," kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono kepada wartawan di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (6/8/2020).

Argo menyebut Polri telah memeriksa sejumlah saksi untuk dimintai keterangan dalam kasus ini. "Kita mengklarifikasi atau memintai keterangan sekitar 15 orang sudah dimintai keterangan," ucap Argo.

Selain itu, Argo mengatakan penyidik juga telah berkoordinasi dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk mengetahui aliran dana dalam kasus red notice Djoko Tjandra. Menurutnya, dalam penanganan kasus ini, penyidik tidak akan bekerja sendiri.

"Setelah kita mendapatkan itu kemudian penyidik melakukan gelar perkara, tentunya gelar perkara ini diikuti oleh selain diikuti penyidik sendiri diikuti oleh ada dari Dit Propam, kemudian dari Biro Wasidik Bareskrim, dan penyidik," katanya.

Sebagaimana diketahui, Djoko Tjandra merupakan buron Kejagung selama 11 tahun. Djoko Tjandra ditangkap pada Kamis (30/7) berkat kerja sama police to police antara Polri dan Polisi Diraja Malaysia (PDRM).

Tak lama setelah penangkapan, Djoko Tjandra langsung diterbangkan ke Tanah Air dengan pesawat sewaan. Tiba di Bandara Halim Perdanakusuma Djoko Tjandra keluar dari pesawat dengan mengenakan baju tahanan oranye dan dalam kondisi tangan terikat. Dia langsung digiring ke Bareskrim Polri. (*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]