Ini Respon Doni Monardo Terhadap Kelompok yang Anggap COVID-19 Konspirasi


Kamis, 06 Agustus 2020 - 15:22:36 WIB
Ini Respon Doni Monardo Terhadap Kelompok yang Anggap COVID-19 Konspirasi Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo

BANDUNG, HARIANHALUAN.COM - Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengatakan pihaknya mungkin terpaksa menggunakan kata-kata yang lebih keras kepada kelompok-kelompok yang menganggap COVID-19 merupakan rekayasa dan konspirasi. Dia kembali mengingatkan bahwa COVID-19 merupakan salah satu hal yang berbahaya.

"Saya harus sampaikan kembali karena masih ada kelompok masyarakat yang menganggap COVID-19 ini rekayasa dan konspirasi. Jadi kita mungkin harus menggunakan kata-kata yang lebih keras," ucap Doni saat bertemu dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis (6/8/2020).

Doni menegaskan bahwa COVID-19 ini merupakan salah satu virus yang berbahaya. Dia mencontohkan ada 18 juta lebih masyarakat dunia yang terpapar COVID-19 dengan korban jiwa mencapai 700 ribu orang.

"Di Indonesia saja lebih 5.300 jiwa dan yang terpapar sudah mencapai lebih dari 115 ribu orang," ujarnya.

Menurut Doni, COVID-19 diibaratkan sebagai malaikat pencabut nyawa bagi kelompok rentan seperti lansia hingga pemilik penyakit penyerta.

"Kita harus ajak rumah sakit dan dokter ingatkan pasiennya walaupun pasien sekarang tidak sakit tapi perlu ditingkatkan mereka yang punya jantung, diabet, hipertensi, ginjal, kanker harus diingatkan," tuturnya.

Sementara bagi kelompok usia muda, dia menyebut COVID-19 bisa dilawan. Dia mencontohkan beberapa kasus seperti di Secapa AD hingga Pusidkpom.

"Karena kalau yang masih sehat anak muda kalau dilihat Secapa dari 1.308 orang yg positif sekarnag tinggal 114 orang saja masih dalam status positif. Mungkin dalam beberapa hari ke depan akan pulih. Pusdikpom 100 persen (pulih), Secaba Polri 100 persen. Artinya mereka yang fisik bagus, imunitas tinggi mau melakukan program pemulihan tinggi akan pulih. Tapi pemilik penyakit penyerta akan fatal," ujarnya.

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]