Bagi Penderita Covid-19 dengan Komorbid, Sebaiknya Konsumsi Air Kelapa


Kamis, 06 Agustus 2020 - 15:32:27 WIB
Bagi Penderita Covid-19 dengan Komorbid, Sebaiknya Konsumsi Air Kelapa Air kelapa

HARIANHALUAN.COM - Pasien dengan penyakit penyerta atau Komorbid, ternyata 12 kali lebih mungkin meninggal akibat Covid-19 dibanding pasien lain yang tidak memiliki penyakit penyerta. Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan pasien penyakit komorbid atau penyerta agar dapat menekan penularan Covid-19 atau meminimalisir tingkat keparahan?

DR. med. Dr. Maya Surjadjaja, M. Gizi, SpGK, FAAMFM, mengatakan, hal ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi asupan gizi seimbang, cukup istirahat, kelola stres dengan baik, minum suplemen atau vitamin untuk meningkatkan imunitas, dan olahraga secara teratur.

Disamping itu, dr. Maya juga menganjurkan mengonsumsi air kelapa. “Penelitian pada pasien hipertensi, air kelapa muda segar sebanyak 300ml/hari selama 14 hari berturut-turut menurunkan tekanan darah sistolik. Kalium pada air kelapa muda juga memperlebar pembuluh darah dan memperbaiki fungsi endotel.”

Sementara kandungan L-arginine pada air kelapa, bermanfaat untuk penderita penyakit jantung atau untuk orang yang ingin mencegah penyakit kardiovaskular. Air kelapa juga mengurangi stres oksidatif secara signifikan dan mempunyai efek antitrombosis.

Adapun Magnesium yang terkandung dalam air kelapa dapat membuat insulin lebih sensitif, sehingga mencegah terjadinya resistensi insulin. Bagi penderita diabetes, air kelapa aman diminum. Sebab kalorinya rendah dan mengandung serat.

Penyakit penyerta atau penyakit komorbid akan menambah tingkat keparahan pasien Covid-19. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyebutkan, banyak pasien dengan penyakit penyerta yang mendapat perawatan di rumah sakit. 

Seperti dilansir dari Sindo News, komorbid adalah penyakit yang sejak awal memang sudah diderita pasien. Baik terjadi karena pola hidup tidak sehat maupun lantaran riwayat penyakit keturunan.

Dikutip dari Covid19.go.id, penyakit penyerta yang rentan terhadap Covid-19 ini diantaranya hipertensi, diabetes melitus, penyakit jantung, gagal ginjal, stroke, dan kanker. (*)
 

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 23 Agustus 2020 - 23:23:51 WIB

    3 BUMN Farmasi Bagi-bagi Tugas Garap Vaksin Corona

    3 BUMN Farmasi Bagi-bagi Tugas Garap Vaksin Corona HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Indonesia makin agresif menambah pasokan vaksin Corona dengan menunjuk 2 BUMN Farmasi lainnya untuk turut mengembangkan vaksin Corona. Adapun perusahaan farmasi yang ditunjuk adalah Kimia Farma d.
  • Ahad, 16 Agustus 2020 - 19:29:36 WIB

    Ngeri, Begini Dampak Covid-19 Bagi Pengidap Kanker

    Ngeri, Begini Dampak Covid-19 Bagi Pengidap Kanker HARIANHALUAN.COM - Penelitian baru mengungkap informasi penting yang menggambarkan tentang individu mana yang mengidap kanker yang lebih mungkin mengalami dampak parah atau meninggal jika mereka tertular virus corona SARS-CoV.
  • Kamis, 06 Agustus 2020 - 16:03:59 WIB

    6 Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan, Salah Satu Mengatur Tekanan Darah

    6 Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan, Salah Satu Mengatur Tekanan Darah HARIANHALUAN.COM - Selain berguna sebagai cemilan, rumput laut ternyata kaya akan manfaat. Salah satunya untuk kesehatan. Lalu apa saja manfaat rumput laut bagi kesehatan dan bagaimana mengonsumsi yang benar..
  • Selasa, 04 Agustus 2020 - 08:32:25 WIB

    Ingat, Buah Dicampur Susu Berbahaya Bagi Tubuh, Jangan Konsumsi

    Ingat, Buah Dicampur Susu Berbahaya Bagi Tubuh, Jangan Konsumsi HARIANHALUAN.COM - Buah dan sayuran dapat membantu mencegah beberapa masalah kesehatan. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan maksimal dari keduanya, penting untuk mengonsumsinya dengan cara yang benar dan tepat..
  • Jumat, 19 Juni 2020 - 07:06:20 WIB

    Teknis Melahirkan bagi Ibu yang Positif Covid-19

    Teknis Melahirkan bagi Ibu yang Positif Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Menunggu kedatangan sang buah hati memang membutuhkan persiapan panjang, mulai dari awal hamil hingga proses persalinan. Proses persalinan ini biasanya membutuhkan persiapan khusus..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]