7 Warga Positif Covid-19, GTP2 Agam Bakal Swab Test Seluruh Warga Guguak Tinggi


Kamis, 06 Agustus 2020 - 16:45:19 WIB
7 Warga Positif Covid-19, GTP2 Agam Bakal Swab Test Seluruh Warga Guguak Tinggi Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Setelah dilakukan tes swab, tujuh dari 27 warga Guguak Tinggi, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19, karena memiliki kontak langsung dengan pasien positif virus corona berinisial UK (77), Selasa (4/8/2020) lalu.

“Kami baru saja menerima hasil uji swab terhadap 27 warga Guguak Tinggi, tujuh diantaranya dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTP2) Covid-19 Kabupaten Agam, Khasman Zaini, Kamis (6/8/2020).

Ketujuh warga Guguak Tinggi yang terkonfirmasi Covid-19 tersebut berdasarkan hasil pelacakkan dari 27 warga yang memiliki kotak langsung dengan pasien positif Covid-19. Warga yang terkonfirmasi Covid-19 tersebut masing-masing berinisial RD, E, TR, B, Z, AH, dan AG. Dua di antaranya sudah dirujuk ke RSAM Bukittinggi untuk mendapatkan perawatan.

“Tadi malam dua orang pasien RD dan E sudah dirujuk ke RSAM Bukittinggi untuk dirawat, sementara lima lagi akan dirujuk hari ini ke Diklat Padang Besi,” tuturnya.

Menyusul adanya ledakan warga terkonfirmasi Covid-19 tersebut, direncanakan akan dilakukan uji swab terhadap seluruh warga Guguak Tinggi. ”Hari ini, seluruh warga Guguak Tinggi akan dilakukan uji swab, mengingat tingginya jumlah warga terkonfirmasi positif Covid-19 di daerah tersebut,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, UK (77) yang terkonfirmasi positif Covid-19 merupakan warga berKTP Bengkulu, UK datang ke Guguak Tinggi guna menjenguk salah seorang keluarga meninggal dunia.

Setelah dilakukan pelacakan, empat orang anggota keluarga UK yang juga berasal dari Bengkulu dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Hingga hari ini, total pasien positif Covid-19 di Kabupaten Agam mencapai 38 orang. 19 orang di antaranya sudah dinyatakan sembuh, 19 orang masih menjalani perawatan.

“Mengingat terus bertambahnya warga terkonfirmasi Covid-19, kami menghimbau seluruh warga Agam untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, sebab Covid-19 masih terus mengintai,” tegasnya. (*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]