Walinagari Sikucua: Bendungan Lubuk Jambu Rusak, 50 Hektar Sawah Terancam Kekeringan


Kamis, 06 Agustus 2020 - 17:03:38 WIB
Walinagari Sikucua: Bendungan Lubuk Jambu Rusak, 50 Hektar Sawah Terancam Kekeringan Bendungan Lubuk Jambu, menunggu  perbaikan karena mengalami kerusakan.

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM -  Bendungan Lubuk Jambu di Sikucua Tangah, Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman telah digerogoti kerusakan.

Pantauan harianhaluan.com di lokasi, kerusakan itu terlihat pada sayap bendungan yang sudah patah dan ambruk. Melihat pada kondisi kerusakan yang ada, sepertinya sudah lama, dan sampai Kamis (6/8-2020), belum tampak tanda-tanda perbaikan akan dilakukan pihak berkompeten.

Wali Nagari Sikucua, Edwarman yang dikonfirmasi tentang kerusakan bendungan, membenarkan adanya kerusakan pada bendungan. Bahagian sayap bendungan yang rusak, patah dan ambruk ke sungai, kondisi itu sudah lama, hampir dua tahun. Untuk perbaikan, sudah diupayakan setiap musrenbang, tapi hasilnya tetap nihil dan kondisi kerusakan bendungan bertambah-tambah.

Dampak kerusakan bendungan mulai terasa terhadap pasokan air ke sawah petani, kerusakan menjadikan fungsi saluran kurang maksimal diari. Dia kawatir, lebih 50 hektar sawah petani di nagari tersebut dapat terancam pasokan air, sekiranya perbaikan kerusakan irigasi terlambat dilaksanakan.

Banyak areal pertanian masyarakat jauh ke hilirnya membutuhkan air dari aliran irigasi yang bersumber dari bendungan Lubuk Jambu. Untuk bantuan perbaikan itu, secepatnya kita susul lagi dengan proposal Pemda Padang Pariaman secepatnya. Mudah-mudahan kerusakan dapat perbaikan dari pihak berwenang, karena fungsi bendungan yang utuh, sangat dibutuhkan masyarakat untuk meningkatkan produksi pertanianya, kata Edwarman.

loading...
Reporter : Trisnaldi /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]