Muncul Klaster Baru Covid-19 di Sumbar, Komisi V: Jangan Biarkan Hingga ke Desa


Kamis, 06 Agustus 2020 - 17:06:21 WIB
Muncul Klaster Baru Covid-19 di Sumbar, Komisi V: Jangan Biarkan Hingga ke Desa Anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar, Nofrizon

HARIANHALUAN.COM - Penyebaran virus corona di Sumbar memunculkan klaster-klaster terbaru yang sebelumnya belum ditemukan, seperti lingkungan kerja, lokasi perkantoran dan imported case. Dalam beberapa hari terakhir misalnya, kasus positif terkonfirmasi virus corona ditemukan di beberapa perusahaan BUMN, BUMD dan kalangan ASN.

Anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar, Nofrizon mengatakan bahwa pemerintah masih terkesan meraba-raba dalam penanganan Covid-19, tidak ada yang mengetahui kapan virus tersebut pergi, hingga sekarang vaksin corona belum ditemukan.

"Oleh karena itu, jangan biarkan penyebaran virus corona menyentuh hingga masyarakat pedesaan dan menjadi klaster, karena mayoritas mereka untuk mencukupi kebutuhan ekonomi adalah dengan berladang atau bertani, " katanya Kamis (6/8/2020).

Memang saat ini, penyebaran virus corona di daerah pedesaan belum terlalu signifikan, namun pemerintah tidak boleh lengah apalagi lamban, sehingga harus dilakukan optimalisasi dalam upaya sosialisasi pemerintah daerah. 

"Penanganan penyebaran virus corona mesti optimal, pemerintah daerah tidak boleh lamban," tambahnya.

Terkait dengan penyebaran Covid-19 yang menyasar ke perkantoran pemerintah hingga BUMD, Nofrizon mengingatkan agar seluruh pegawai yang bekerja termasuk kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan karyawan swasta mesti menegakan pelaksanaan protokol kesehatan. "Saya meminta agar pemerintah provinsi segera memasukan draft muatan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang new normal ini," ujarnya.

Nofrizon menyesalkan tindakan Gubernur Sumbar yang telah memberikan kelonggaran bagi para perantau untuk pulang kampung, sehingga peningkatan kasus penyebaran terjadi beberapa hari terakhir. Seluruh kebijakan, mesti merujuk kepada upaya menekan angka penyebaran corona. (*)
 

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 25 Juli 2020 - 07:04:10 WIB

    Muncul Agama 'Baru' di Kabupaten Solok, Begini Penjelasan MUI

    Muncul Agama 'Baru' di Kabupaten Solok, Begini Penjelasan MUI HARIANHALUAN.COM - Sebuah kepercayaan berkembang di masyarakat Kabupaten Solok, Sumatera Barat dengan nama Agama Muslim. Majelis Ulama Indonesia (MUI) setempat menyatakan kepercayaan itu bukan Islam karena para pengikutnya ti.
  • Selasa, 02 Juni 2020 - 18:24:30 WIB

    MUI Sumbar Munculkan Istilah Islamic Life Style Pengganti New Normal

    MUI Sumbar Munculkan Istilah Islamic Life Style Pengganti New Normal HARIANHALUAN.COM - Ketua MUI Sumbar, Buya Gusrizal Gazahar memunculkan istilah islamic life style (Gaya hidup islami) sebagai pengganti istilah New Normal. Lebih baik menggunakan istilah gaya hidup islami ketimbang istilah ne.
  • Selasa, 31 Maret 2020 - 20:03:41 WIB

    Kreatif, Bilik Desinfektan Mulai Bermunculan di Pasbar

    Kreatif, Bilik Desinfektan Mulai Bermunculan di Pasbar PASBAR, HARIANHARIAN.COM--Ide kreatif mencegah dan melawan covid 19 bermunculan di Kabupaten  Pasaman Barat (Pasbar), seperti pembuatan bilik Disinfektan dan upaya pembuatan cairan anti septik dari bahan alami hadir sebagai .
  • Selasa, 13 Agustus 2019 - 14:18:17 WIB

    Waduh! Bangunan Tanpa IMB Banyak Muncul di Solok

    Waduh! Bangunan Tanpa IMB Banyak Muncul di Solok SOLOK, HARIANHALUAN.COM_Sejumlah bangunan tanpa mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) bermunculan di Kota Solok..
  • Selasa, 21 Mei 2019 - 22:47:25 WIB

    Awas! Penggunaan Internet yang Salah Picu Munculnya Perilaku Menyimpang

    Awas! Penggunaan Internet yang Salah Picu Munculnya Perilaku Menyimpang TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) adalah gejala akibat kerusakan fungsi kekebalan tubuh yang disebarkan Human Immunodeficiency Virus (HIV) dimana virus merusak sistem pertahanan tubuh .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]