Pandemi Covid-19, Peringatan 75 Tahun RI di Dharmasraya Akan Berbeda 


Kamis, 06 Agustus 2020 - 19:19:52 WIB
Pandemi Covid-19, Peringatan 75 Tahun RI di Dharmasraya Akan Berbeda  Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Tak terkecuali di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, Peringatan 75 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia pada 2020, akan dilaksanakan sedikit berbeda dari peringatan sebelumnya. 

"Kegiatan upacara pengibaran dan penurunan bendera merah putih tetap berjalan, hanya saja akan dilaksanakan sesuai protokol kesehatan dengan jumlah peserta upacara dibatasi," kata Plt Kabag Humas setempat, Irwan Zamrud, Kamis (06/08). 

Untuk petugas pengibar dan penurunan bendera, lanjutnya, dimana sebelumnya dilaksanakan oleh pasukan pengibar bendera dari berbagai unsur ditunjuk, kali ini hanya akan dilaksanakan oleh tiga orang saja. 

Sementara, tambahnya, untuk peserta upacara hanya akan dihadiri Bupati dan Wakil Bupati beserta istri, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), pimpinan Satuan Organisasi Pemerintah Daerah (SOPD), pasukan upacara yang terdiri dari unsur TNI/Polri, Aparatur Sipil Negara dan tidak lagi menghadirkan pelajar utusan sekolah seperti peringatan sebelumnya. 

"Waktu pelaksanaan pengibaran bendera merah putih akan dimulai pada pukul 07.00 WIB, dan setelah itu peserta upacara memasuki gedung Auditorium untuk menyaksikan perayaan HUT RI Ke 75 yang digelar oleh pemerintah pusat, secara virtual melalui layar monitor atau televisi," ungkapnya.

Ia menambahkan, demi tetap semaraknya peringatan hari kemerdekaan ditengah pandemi Covid-19, pihak Pemerintah Kabupaten Dharmasraya telah mengimbau seluruh masyarakat di wilayahnya agar memasang bendera merah putih sebulan penuh, terhitung sejak tanggal 1 hingga 31 Agustus 2020.

Hal itu, lanjutnya, sebagaimana tertuang dalam surat edaran Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, nomor 130/512/PEM - 2020 tanggal 01 Juli 2020, perihal partisipasi menyemarakkan bulan kemerdekaan republik Indonesia. 

"Selain itu, setiap badan usaha, toko, pasar dan rumah-rumah masyarakat juga diminta menjaga  kebersihan lingkungan masing-masing terlihat bersih asri dan rapi, " Ujarnya. 

Ia berharap, seluruh tingkat pemerintahan dalam lingkungan Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, para Camat dan Wali Nagari agar memastikan edaran tersebut terlaksana dengan baik oleh seluruh warga di wilayah masing-masing.

"Memang perayaan kali ini tidak biasa, tapi bukan berarti semangat bersama bersatu dan bahu membahu dalam mengisi kemerdekaan harus surut karena bangsa kita ini menunggu karya-karya besar meski harus hidup ditengah pandemi seperti sekarang ini," tutupnya. (*)

loading...
Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]