Melalui Virtual Event, Menteri Perindustrian RI Resmikan Sentra IKM Logam Dharmasraya


Kamis, 06 Agustus 2020 - 19:53:59 WIB
Melalui Virtual Event, Menteri Perindustrian RI Resmikan Sentra IKM Logam Dharmasraya Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, secara simbolis mewakili Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita, meresmikan penggunaan Sentra Industri Kecil dan Menengah (IKM) sektor Logam di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, Kamis (06/08).

HARIANHALUAN.COM - Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita, meresmikan penggunaan Sentra Industri Kecil dan Menengah (IKM) sektor Logam di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, yang berlokasi di Nagari Gunung Medan, melalui kegiatan virtual event, menggunakan platform daring yang mana peserta dapat berinteraksi secara jarak jauh, pada Kamis (06/08).

Peresmian dilakukan secara virtual yang kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan. 

Di hadapan Menteri, Bupati Sutan Riska menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Pusat, khususnya Kementerian Perindustrian, yang telah mengalokasikan dana selama dua tahun berturut-turut senilai Rp 48 Milyar lebih untuk membangun Sentra IKM Logam di Dharmasraya. Sentra IKM Logam ini bahkan merupakan satu-satunya untuk wilayah Sumatera. 

"Posisi Kabupaten Dharmasraya yang secara geografis berada di Jalur Lintas Tengah Pulau  Sumatera, cukup strategis untuk pengembangan industri kecil menengah serta perdagangan, yang ditunjang dengan sarana transportasi darat yang lancar, " Ungkapnya, di Dharmasraya. 

Di samping itu, lanjutnya, Kabupaten Dharmasraya juga merupakan salah satu daerah yang memanfaatkan teknologi modernisasi di bidang pertanian, baik untuk pra panen, maupun pasca panen. Yang seiring penggunaannya, alat-alat dan mesin tersebut membutuhkan perawatan atau perbaikan. Begitupun dengan pabrik sawit dan karet yang ada di Dharmasraya. 

"Selama ini, dalam hal perbaikan alat dan mesin tersebut, petani atau pabrik terkendala karena harus mendatangkan suku cadang dari luar. Maka dari itu, dengan berdirinya Sentra IKM Logam, kita harapkan dapat menjawab hal itu," jelasnya. 

Ia berharap, keberadaan sarana tersebut tidak hanya menjadi pusat reparasi dan produksi, namun juga menjadi pusat pengembangan desain dan teknologi alat dan mesin pertanian serta peralatan logam lainnya, yang dapat menyerap tenaga kerja di Kabupaten Dharmasraya. 

Karena, tambahnya, Sentra IKM Logam ini telah memiliki mesin lengkap dan memadai, didukung oleh sumber daya manusia yang cukup dan telah mengikuti pelatihan dan magang ke Tegal, Jawa Tengah. 

"Kepada seluruh elemen masyarakat, mari bersinergi. Ajak masyarakat untuk memanfaatkan keberadaan Sentra IKM Logam ini. Sehingga kita mampu menggerakkan kembali perekonomian pasca pandemi Covid-19," tutupnya. (*)

 

loading...
Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]