Operasi Patuh Singgalang di Sijunjung, Pelanggaran Masih Didominasi Pelajar


Kamis, 06 Agustus 2020 - 20:57:58 WIB
Operasi Patuh Singgalang di Sijunjung, Pelanggaran Masih Didominasi Pelajar Kasat Lantas Polres Sijunjung Iptu Ghanda Novidiningrat S.IK

HARIANHALUAN.COM - Operasi Patuh Singgalang 2020 yang dilakukan oleh jajaran Satlantas Polres Sijunjung yang resmi berakhir pada 5 Agustus 2020. 

Operasi selama dua pekan tersebut menjaring ratusan pengendara baik roda dua maupun roda empat dan juga mengeluarkan sebanyak 140 surat teguran. Hal tersebut diungkapkan Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan S.IK, M.Hum melalui Kasatlantas Iptu Ghanda Novidiningrat, Kamis (6/8).

”Selama dua pekan pelaksanaan operasi patuh Singgalang 2020 di wilayah Polres Sijunjung, setiap harinya ada pelanggar terjaring. Untuk penindakan kita telah keluarkan surat tilang sebanyak 215 surat tilang dan 140 surat teguran. Selain itu sebanyak 14 unit kendaraan roda dua juga berhasil diamankan di mapolres Sijunjung karena tidak bisa menunjukan surat kendraaan saat pelaksanaan operasi Patuh. Sementara kecelakaan selama Operasi patuh sebanyak 6 kasus dengan korban meninggal dunia satu orang, luka berat nihil dan luka ringan sebanyak 13 orang dengan kerugian materil sebanyak Rp23.000.000,” kata Kasat lantas.

Dari jumlah pelanggar tersebut kata Iptu Ghanda, pengendara yang berstatus sebagai pelajar masih mendominasi, yakni ada sekitar 60 persen jumlah pelanggaran.

”Kebanyakan dari mereka tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), tidak menggunakan helm, bonceng lebih dari dua orang, tidak membawa STNK atau motornya tidak standar pabrik atau menggunakan knalpot racing. Sedangkan untuk pelanggar yang menggunakan roda empat,kebanyakan yang terjaring karena pengemudi tidak menggunakan sabuk pengaman dan belum memiliki SIM golongan A,” ujarnya.

Meski operasi Patuh Singgalang 2020 ini sudah berakhir, pihaknya berharap para pelanggar tidak mengulangi perbuatannya, supaya bisa meminimalisir kecelakaan lalu lintas di wilayah Kabupaten Sijunjung. 

”Operasi Patuh bukan hanya penindakan, dengan momen operasi ini kami ingin mengajak masyarakat agar lebih tertib berlalu lintas, guna mewujudkan keamanan, kelancaran dan keselamatan Lalu Lintas di wilayah Kabupaten Sijunjung dan tujuan utama adalah untuk menggugah kesadaran masyarakat agar memahami arti pentingnya tertib berlalu lintas. Bagi pengendara yang belum punya SIM, silahkan melakukan pembuatan SIM jika sudah cukup umur ke kantor Satlantas Polres Sijunjung,” pungkasnya. (*)

 

loading...
Reporter : Ogi Sunandar /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 24 September 2020 - 17:38:12 WIB

    Gelar Operasi Yustisi Covid-19, Kapolres Pasaman Sanksi Sejumlah Pelanggar

    Gelar Operasi Yustisi Covid-19, Kapolres Pasaman Sanksi Sejumlah Pelanggar HARIANHALUAN.COM - Adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi covid-19, Kapolres Pasaman AKBP Dedi Nur Andriansyah, SIK, MSi melakukan operasi yustisi ke dua pasar tradisional sekaligus, Kamis (24/9/2020)..
  • Selasa, 15 September 2020 - 20:05:27 WIB

    Polres Pessel akan Gelar Operasi Yustisi 

    Polres Pessel akan Gelar Operasi Yustisi  HARIANHALUAN.COM - Kapolres Pesisir Selatan, AKBP Sri Wibowo akan melaksanakan operasi Yustisi di wilayah hukumnya. Operasi tersebut merupakan tindak lanjut dari instruksi Presiden RI untuk peningkatan disiplin dan penegakan .
  • Senin, 14 September 2020 - 13:52:18 WIB

    Penegakan Protokol Kesehatan dan Perda, Polda Sumbar Gelar Operasi Yustisi

    Penegakan Protokol Kesehatan dan Perda, Polda Sumbar Gelar Operasi Yustisi HARIANHALUAN.COM - Dalam rangka menindaklanjuti disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan terkait meningkatnya penyebaran Covid-19, Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat dan Polres sejajaran akan menggelar Operasi Yu.
  • Rabu, 09 September 2020 - 12:49:18 WIB

    Polda Sumbar Gelar Operasional Bulanan, Bahas Covid-19 dan Pilkada

    Polda Sumbar Gelar Operasional Bulanan, Bahas Covid-19 dan Pilkada HARIANHALUAN.COM - Polda Sumatera Barat kembali melaksanakan Gelar Operasional (GO) dan pembinaan dalam rangka anev bulanan tentang gangguan kamtibmas periode Juli dan Agustus. Kegiatan ini berlangsung di ballroom Hotel Emers.
  • Sabtu, 08 Agustus 2020 - 10:37:43 WIB

    Tak Miliki Izin Operasional, Warga Minta PT Bakapindo Ditutup

    Tak Miliki Izin Operasional, Warga Minta PT Bakapindo Ditutup HARIANHALUAN.COM - Aktivitas pertambangan batu kapur yang dilakukan PT Bakapindo mendapat penolakan dari warga Jorong Durian dan Jorong Aia Tabiak Nagari Kamang Mudiak Kec. Kamang Magek, Kab. Agam..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]