Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19 Dipastikan Terima Uang Bensin Rp1 Juta


Kamis, 06 Agustus 2020 - 21:35:23 WIB
Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19 Dipastikan Terima Uang Bensin Rp1 Juta Petugas kesehatan memberikan pengarahan dan evaluasi kepada relawan saat simulasi uji klinis vaksin COVID-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/8/2020). ANTARA FOTO

HARIANHALUAN.COM - Ketua Tim Peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Pajajaran (Unpad) Kusnandi Rusmil mengatakan, Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19 dipastikan bakal mendapat uang insentif sebesar Rp 1 juta sebagai pengganti biaya bensin atau ongkos ketika melakukan pemeriksaan.

Insentif tersebut akan dibagi menjadi lima tahap saat menjalani pemeriksaan. Untuk satu kali datang, relawan bakal mendapat insentif Rp200 ribu.

"Sekali datang itu dikasih Rp200 ribu, jadi lima kali datang itu Rp 1 juta selama lima bulan," ujarnya di Fakultas Kedokteran Unpad, Jalan Eyckman, Kota Bandung pada Kamis (6/8/2020).

Namun, ia berharap relawan yang mendaftar tidak berorientasi pada uang insentif tersebut.

"Jadi ikut jadi relawan bukan karena kepingin uang, itu tidak bagus, karena uji klinis ini kan sukarela sifatnya," katanya.

Selain uang insentif, relawan juga akan mendapat asuransi kesehatan selama proses pemantauan selama enam bulan usai disuntik vaksin.

Relawan nantinya bisa memeriksakan kesehatan ke dokter atau fasilitas kesehatan terdekat, jika mendapat keluhan usai disuntik.

"Iya bisa dokter atau klinik mana saja, yang pasti di Bandung. Nanti saya akan tanya-tanya ke dokternya, apakah si subjek tersebut sakit ada kaitannya dengan suntik (vaksin) atau bukan? Saya yang akan tanya-tanya ke dokternya," ungkapnya.

Sementara itu, saat ini tim peneliti dari Fakultas Kedokteran Unpad masih kekurangan 820 orang relawan untuk menjadi subjek uji klinis. Pasalnya, hingga kini baru ada 800 orang yang mendaftar dari target sebanyak 1.620 orang.

"Sudah ada 800 orang yang mendaftar, respon bagus banyak yang mau ikut. Seperti dokter-dokter dan juga pejabat ada yang mau ikut, tapi kita akan cek dulu, bisa atau enggak," ungkapnya. (*)

loading...
 Sumber : Suara.com /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 11 September 2020 - 07:19:06 WIB

    Relawan Uji Vaksin Positif Covid, Kok Bisa?

    Relawan Uji Vaksin Positif Covid, Kok Bisa? HARIANHALUAN.COM - Salah seorang relawan uji klinis vaksin Covid-19 terkonfirmasi positif Covid-19 usai dilakukan uji usap oleh Dinas Kesehatan. Diketahui, relawan tersebut melakukan perjalanan ke luar kota dan saat ini dalam.
  • Senin, 31 Agustus 2020 - 16:24:47 WIB

    Pendaftar Banyak, Tim Uji Vaksin Corona Kelebihan Relawan

    Pendaftar Banyak, Tim Uji Vaksin Corona Kelebihan Relawan HARIANHALUAN.COM - Pendaftaran relawan uji vaksin corona milik perusahaan China, Sinovac membludak hingga melebihi kebutuhan tim riset. Meski demikian, tim riset uji klinis vaksin Covid-19 masih membuka pendaftaran hingga sor.
  • Rabu, 26 Agustus 2020 - 21:27:21 WIB

    Usai 15 Hari Uji Klinis Vaksin Sinovac, Belum Ada Keluhan dari Relawan

    Usai 15 Hari Uji Klinis Vaksin Sinovac, Belum Ada Keluhan dari Relawan HARIANHALUAN.COM - Sejauh ini belum ada keluhan kesehatan dari relawan yang sudah menjalani penyuntikan uji klinis vaksin Covid-19. Meski demikian, komunikasi tetap dilakukan secara intensif antara tim dokter dan relawan untu.
  • Sabtu, 15 Agustus 2020 - 17:37:40 WIB

    Sejumlah Pejabat Antre Jadi Relawan Vaksin, Kalau Gagal Gimana?

    Sejumlah Pejabat Antre Jadi Relawan Vaksin, Kalau Gagal Gimana? HARIANHALUAN.COM - Sejumlah pejabat diketahui mengajukan diri sebagai relawan uji klinis vaksin Covid-19 yang tengah dikembangkan pemerintah Indonesia melalui BUMN farmasi PT Bio Farma (Persero) dan perusahaan China, Sinovac..
  • Sabtu, 08 Agustus 2020 - 19:27:47 WIB

    Ridwan Kamil Resmi Daftar Jadi Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19

    Ridwan Kamil Resmi Daftar Jadi Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Emil telah resmi mendaftarkan diri menjadi relawan uji klinis vaksin Covid-19 buatan perusahaan asal China, Sinovac..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]