Terdaftar di BPOM, Obat Hadi Pranoto Ternyata Bukan untuk Covid-19


Jumat, 07 Agustus 2020 - 06:15:10 WIB
Terdaftar di BPOM, Obat Hadi Pranoto Ternyata Bukan untuk Covid-19 Hadi Pranoto

HARIANHALUAN.COM - Obat herbal yang diproduksi Hadi Pranoto terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) tapi bukan untuk pengobatan Covid-19. Produk obat tradisional memiliki merek dagang Bio Nuswa itu didaftarkan oleh PT Saraka Mandiri dengan Nomor Izin Edar POM TR 203 636 031 berlaku mulai 14 April 2020 hingga 14 April 2025.

Hadi Pranoto dalam video tayangan di channel Anji mengklaim sebagai obat Covid-19. "Hingga kini BPOM tidak pernah memberikan persetujuan klaim khasiat obat dari Hadi Pranoto yang dapat menyembuhkan pasien Covid-19," kata Kepala BPOM Penny Lukito dilansir Haluan.co (Haluan Media Group), Jumat (7/8/2020).

Terdaftar di BPOM sebagai produk herbal dengan merek dagang Bio Nuswa, obat tersebut diklaim membantu memelihara daya tahan tubuh. Didaftarkan oleh PT Saraka Mandiri dengan Nomor Izin Edar POM TR 203 636 031 berlaku mulai 14 April 2020 hingga 14 April 2025. Sampai saat ini PT Saraka Mandiri belum pernah memproduksi produk Bio Nuswa.

Pelaku usaha termasuk, produsen agar selalu menaati peraturan perundang-undangan yang berlaku. Produk obat, obat tradisional, kosmetik, suplemen kesehatan dan pangan harus memenuhi peraturan untuk jaminan aspek keamanan, khasiat serta mutunya. Izin edar, iklan dan label, antara lain klaim harus sesuai dengan izin yang diberikan pada saat pendaftaran.

Sanksinya, produk ilegal yang melanggar Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan atau Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan. BPOM terus melakukan pengawasan produk di peredarannya. Jika ditemukan produk yang mencantumkan klaim berlebihan dan tidak sesuai dengan persetujuan yang diberikan pada saat produk didaftarkan, BPOM akan menindaklanjuti sesuai peraturan perundang-undangan untuk sanksi administrasi dan sanksi pidana. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]