Wajib Tahu! Pelukan Ibu Bisa Mempengaruhi Perkembangan Psikis Anak


Jumat, 07 Agustus 2020 - 06:20:12 WIB
Wajib Tahu! Pelukan Ibu Bisa Mempengaruhi Perkembangan Psikis Anak ilustrasi pelukan ibu

HARIANHALUAN.COM  - Psikolog Ketty Murtini menyebut, pelukan ibu kepada anaknya akan memengaruhi perkembangan psikisnya. Menurut Ketty, sentuhan dan kedeaktan ibu dan anak sangat berpengaruh terhadap perkembangan psikis, utamanya emosi anak. Perkembangan psikis anak harus dikelola sejak dini. Hal itu perlu dilakukan agar anak bisa mengelola emosinya saat ia tumbuh dewasa.

Ketty mengajak agar orang tua lebih banyak memberikan sentuhan kepada anaknya mulai dari kecil. Pelukan dan kasih sayang kepada anak melalui sentuhan yang lembut dapat menenangkan anak-anak mereka. "Biasanya anak-anak akan lebih mudah mengelola emosinya dalam perkembangan kehidupan selanjutnya atau kehidupan saat tumbuh menjadi dewasa," kata psikolog dari Biro Psikologi Metafora Purwokerto ini.

Memberikan Air Susu Ibu (ASI) eksklusif bukan cuma baik untuk anak, melainkan juga untuk sang Ibu. Pemberian ASI dapat memicu produksi hormon baik yang dapat memengaruhi emosi ibu. Dengan demikian, emosi ibu akan menjadi lebih stabil dan juga akan timbul perasaan bahagia. "Mengingat efek ASI eksklusif yang sangat baik bagi anak maupun bagi ibunya maka sosialisasi tentang ini harus dilakukan secara intensif," katanya. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 20 September 2020 - 19:52:35 WIB

    Wajib Catat, 5 Makanan Ini yang Tak Bikin Asam Lambung Sering Kambuh

    Wajib Catat, 5 Makanan Ini yang Tak Bikin Asam Lambung Sering Kambuh HARIANHALUAN.COM - Punya penyakit asam lambung? Jangan coba-coba salah nyicip makanan, bisa fatal akibatnya. Sebab jika asam lambung kumat, si penderita akan merasa mual, hingga muntah..
  • Jumat, 18 September 2020 - 06:27:48 WIB

    Lagi di Rumah Saja? Ini Tiga Film Manusia Kloning yang Wajib Kamu Tonton

    Lagi di Rumah Saja? Ini Tiga Film Manusia Kloning yang Wajib Kamu Tonton HARIANHALUAN.COM - Seperti yang kita ketahui, beberapa daerah di Indonesia seperti ibukota Jakarta masih harus menerapkan pembatasan sosial skala besar (PSBB) hingga waktu yang belum dapat ditentukan. Faktanya, pandemi yang b.
  • Sabtu, 05 September 2020 - 14:36:02 WIB

    Wajib Tahu! Ternyata, Menikmati Alam Bisa Tekan Psikologi Anak Karena Gawai

    Wajib Tahu! Ternyata, Menikmati Alam Bisa Tekan Psikologi Anak Karena Gawai HARIANHALUAN.COM - Menurunkan durasi penggunaan gawai atau gadget dan memperbanyak waktu untuk melihat pemandangan alam disebut meningkatkan kondisi mental pada anak dan remaja. Hal ini dinyatakan dalam sebuah penelitian yang.
  • Rabu, 26 Agustus 2020 - 07:54:00 WIB

    Catat! Ibu Hamil Wajib Puasa Minuman Ini

    Catat! Ibu Hamil Wajib Puasa Minuman Ini HARIANHALUAN.COM - Studi terbaru menunjukkan bahwa perempuan hamil harus berhenti mengonsumsi kafein sama sekali untuk menghindari keguguran, berat badan bayi kurang atau lahir mati. Kafein salah satunya bisa ditemukan pada m.
  • Sabtu, 04 Juli 2020 - 11:20:50 WIB

    4 Makanan Penyebab Kista, Wanita Wajib Tahu

    4 Makanan Penyebab Kista, Wanita Wajib Tahu HARIANHALUAN.COM - Makanan penyebab kista ini wajib diketahui semua orang, terutama bagi perempuan. Soalnya, makanan penyebab kista ini sering kita temui dan bahkan bisa jadi selalu dikonsumsi..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]