Instagram Buat Pesaing Tiktok, Begini Cara Menggunakannya


Jumat, 07 Agustus 2020 - 11:26:39 WIB
Instagram Buat Pesaing Tiktok, Begini Cara Menggunakannya ilustrasi instagram Reels

HARIANHALUAN.COM - Instagram merilis fitur baru video pendek yang menyerupai aplikasi milik China, TikTok. Fitur Instagram pesaing baru TikTok ini dinamai Reels. Fitur ini memungkinkan pengguna membuat video pendek yang digabungkan dengan musik pilihan dan kemudian dapat dibagikan kepada teman atau pengikut. 

Video Reels dapat terekam hingga 15 detik serta ada pilihan menambahkan filter dan efek. Mengutip laporan lifehacker, Reels tidak sama dengan fitur Instagram Stories. Banyak perbedaan di dalamnya. Reels menawarkan berbagai fitur pengeditan, efek, kontrol kecepatan untuk mempercepat atau memperlambat audio dan video, dan kemampuan untuk menyelaraskan banyak klip untuk transisi yang lebih bersih.

Selain itu hasil kreasi pengguna fitur reels juga dapat dibagikan sehingga orang yang tidak menjadi pengikut Anda dapat melihatnya. Ini menjadi keuntungan bagi orang yang sedang membangun pengikut. Pada dasarnya Reels sangat mirip dengan Tiktok, hanya ini dibangun di dalam platform Instagram. 

Cara menggunakan fitur reels
Untuk membuat reel, buka kamera Instagram seperti Anda akan menggunakan Stories. Kemudian pilih Reels. Pada fitur itu bakal terlihat alat pengeditan bertumpuk di sisi kiri layar. Gunakan tombol rekam untuk membuat video.  Nanti akan terlihat sudah sejauh mana '15 detik' Anda terpakai. Jika sudah ketuk panah di bagian bawah saat video Reels Anda siap tayang.

Dari sana, Anda akan diminta dahulu memilih opsi untuk menulis teks, memilih gambar sampul, menambahkan hashtag, dan membagikan video Anda ke Reels (jika akun bukan privasi). Reels kemudian akan muncul dan disimpan pada tab halaman profil, mirip IGTV. Anda juga dapat mengirim reels sebagai DM atau mempostingnya ke Stories, namun akan hilang setelah 24 jam.

Sedangkan untuk menonton video pengguna lain, ketuk ikon pencarian dan menelusuri video. Dari sana, Anda dapat mengikuti pengguna dan menyukai, berbagi, dan mengomentari reels secara langsung. Melansir The Verge, fitur ini baru tersedia di sekitar 50 negara, di antaranya Amerika Serikat, Inggris Raya, Jepang dan Australia. Dari pantauan Reels belum tersedia di Indonesia. (*)

loading...
 Sumber : CNN Indonesia /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]