Presiden KSPI Sebut Bantuan Rp600 Ribu/Bulan Jangan Hanya untuk Pekerja Peserta BPJS Ketenagakerjaan


Jumat, 07 Agustus 2020 - 13:44:05 WIB
Presiden KSPI Sebut Bantuan Rp600 Ribu/Bulan Jangan Hanya untuk Pekerja Peserta BPJS Ketenagakerjaan Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal meminta agar pemberian subsidi upah tidak hanya diberikan kepada kepada buruh yang terdaftar di dalam BPJS Ketenagakerjaan. Maka, pekerja bergaji di bawah Rp 5 juta dan tidak terdaftar di BPJS Naker pun harus mendapat subsidi upah. "Pakai saja data TNP2K sekretariat Wapres atau data BPJS Kesehatan," kata Said Iqbal dalam keterangannya, Jumat (7/8).

Iqbal beralasan, KSPI meliat bahwa yang mendapatkan subsidi upah bukan hanya yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan, karena semua buruh adalah rakyat Indonesia yang membayar pajak dan mempunyai hak yang sama sebagaimana diatur dalam konstitusi. Jadi, kata Iqbal, negara tidak boleh melakukan diskriminasi. Prinsipnya seluruh buruh bergaji di bawah RP 5 juta harus menapatkan subsidi upah tanpa melihat peserta atau bukan peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Kalau ada buruh yang tidak terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, yang salah adalah pengusaha yang nakal. Bukan buruhnya. Karena menurut UU BPJS, yang wajib mendaftarkan buruh sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan adalah pengusaha," tegas Iqbal.

Oleh karena itu, Iqbal menegaskan, negara tidak boleh pilih kasih. Jadi semua buruh bergaji di bawah Rp 5 juta harus mendapat subsidi upah dari pemerintah, tanpa terkecuali.(*)

loading...
 Sumber : republika /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 20 Agustus 2020 - 21:25:28 WIB

    Seruan Presiden AS: Jangan Beli Ban Goodyear!

    Seruan Presiden AS: Jangan Beli Ban Goodyear! HARIANHALUAN.COM - Presiden AS Donald Trump pada Rabu kemarin menyerukan boikot terhadap Goodyear Tire & Rubber Co (GT.O). Ia menuduh perusahaan yang berbasis di Ohio itu 'berpolitik' karena melarang pekerjanya memakai topi .
  • Rabu, 19 Februari 2020 - 14:04:05 WIB

    Bahlil Lahadalia: Ada Gubenur di Kalimantan  Berlagak Presiden! 

    Bahlil Lahadalia: Ada Gubenur di Kalimantan  Berlagak Presiden!  JAKARTA,HARIANHALUAN.COM- Kendati  lembaga yang dia pimpin sudah mendapatkan Instruksi Presiden (Inpres) tentang Percepatan Kemudahan Berusaha,  namun  Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia masih .
  • Ahad, 09 Februari 2020 - 16:07:22 WIB

    Dampingi Presiden ke Australia, Bahlil: IA-CEPA Diharapkan Genjot Ekspor ke Australia

    Dampingi Presiden ke Australia, Bahlil: IA-CEPA Diharapkan Genjot Ekspor ke Australia JAKARTA,HARIANHALUAN.COM - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, mendampingi Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kenegaraan ke Canberra, Australia, tanggal 8-10 Februari 2020..
  • Sabtu, 30 November 2019 - 10:40:15 WIB

    Disentil Presiden, Ini Respons BPJS Kesehatan

    Disentil Presiden, Ini Respons BPJS Kesehatan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mengaku siap mengatasi masalah defisit yang tengah dialami lembaga tersebut sesuai dengan arahan presiden Joko Widodo (Jokowi)..
  • Senin, 04 November 2019 - 11:16:25 WIB

    Presiden Jokowi dan Bos IMF Bahas Situasi Ekonomi Gobal

    Presiden Jokowi dan  Bos IMF Bahas Situasi Ekonomi Gobal JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan khusus dengan Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional/IMF Kristalina Georgieva di sela KTT ke 35 ASEAN di Bangkok, Thailand..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]