Cegah Palanggaran Tahapan Coklit, Bawaslu Sijunjung dan Panwascam Kupitan Lakukan Audit Pengawasan


Jumat, 07 Agustus 2020 - 14:28:41 WIB
Cegah Palanggaran Tahapan Coklit, Bawaslu Sijunjung dan Panwascam Kupitan Lakukan Audit Pengawasan Bawaslu Sijunjung dan Panwascam Kupitan saat melakukan pengawasan audit Coklit PPDP di Kenagarian Padang Sibusuk Kecamatan Kupitan, Jumat (7/8) dan menempelkan stiker bertuliskan “Keluarga ini Menolak Politik Uang” di salah satu rumah warga yang diambil sampling.

HARIANHALUAN.COM - Pilkada di Kabupaten Sijunjung yang akan digelar pada tanggal 9 Desember 2020, telah memasuki tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih yang dilakukan oleh Petugas PPDP.

Untuk memastikan proses coklit tersebut dilakukan sesuai prosedur, maka Bawaslu Sjunjung beserta Panwascam  melakukan pengawasan dan audit coklit yang dilakukan oleh PPDP dengan terjun langsung ke rumah warga atau pemilih. Seperti yang dilakukan di Kenagarian Padang Sibusuk Kecamatan Kupitan, Jumat (7/8).

Pengawasan secara langsung dilakukan Bawaslu Sijunjung beserta Panwascam Kupitan dengan mendatangi rumah-rumah penduduk secara acak untuk digunakan sampling, apakah PPDP sudah melakukan tugasnya sesuai prosedur atau belum. Dengan metodenya, PKD bersama Panwascam mendatangi beberapa rumah yang sudah selesai dicoklit oleh PPDP. Hal ini, untuk memastikan bahwa coklit betul-betul dilaksanakan secara benar dan sesuai prosedur protokol kesehatan.

“Langkah awal yang dilakukan adalah kami berkoordinasi dengan PPS dan PPDP menanyakan rumah-rumah mana saja yang telah selesai dicoklit lalu kami mendatangi secara acak kurang lebih 10% - 20% dari jumlah yang telah dicoklit, jika nanti ditemukan ada rumah yang sudah ditempel stiker tapi tidak dilakukan oleh PPDP, maka patut dicurigai bahwa yang coklit bukan PPDP. Sehingga, bisa direkomendasi untuk coklit ulang,” ujar Ketua Panwascam Kupitan Andri Haryanto di sela-sela kegiatan didampingi Riki Minarsah selaku Koordinator Divisi PHL Bawaslu Sijunjung.

Andri Haryanto menambahkan, dari hasil pengambilan sampling di Kenagarian Padang Sibusuk Kecamatan Kupitan semua yang telah dilaporkan oleh PPDP dan PPS adalah benar sudah dicoklit dengan mendatangi kediaman pemilih tersebut dan mencocokkan dengan KK dan KTP yang bersangkutan dengan formulir model A.KWK.

“Kegiatan pengawasan dan audit Coklit PPDP ini ini dibagi menjadi beberapa tim sesuai jumlah personil Panwascam agar ada penyebaran wilayah sampling. Dan hal ini juga untuk menyesuaikan protokol kesehatan jaga jarak. Pada kegiatan tersebut juga melibatkan PKD untuk melakukan sampling diwilayahnya masing-masing,” terangnya.

Bawaslu Sijunjung dan Panwasam Kupitan setelah mengambil sampling dan mencocokan data kemudian menempelkan stiker bertuliskan “Keluarga Ini Menolak Politik Uang” yang merupakakan gagasan dari Bawaslu Sijunjung guna mengajarkan masyarakat berpolitik yang santun, damai dan badunsanak.

“Mari kita awasi bersama, laporkan segera dugaan pelanggaran terkait pemilukada ke pengawas pemilu,” tegasnya. 
 
Salah seorang pemilik rumah yang didatangi Tim Bawaslu dan Panwascam Kupitan mengatakan bahwa petugas PPDP telah melaksanakan coklit sesuai Protokol kesehatan covid 19 seperti memakai masker, faceshield dan sarung tangan.

Ikut hadir dalam Kegiatan Pengawasan dan Audit Coklit PDP tersebut yakni staf Bawaslu Sijunjung Legu Septiadi Rahardjo, kordiv PHL Panwascam Kupitan Andri Seprio Eka Putra, PKD Nagari Padang Sibusuk Atrizal dan Nasrullahi yang mewakili Pemerintahan Nagari Padang Sibusuk. (*)

loading...
Reporter : Ogi Sunandar /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]