Tren Baru Selama Pandemi Covid-19 di Agam, Tabulampot Menjadi Primadona Bagi Masyarakat


Jumat, 07 Agustus 2020 - 15:52:29 WIB
Tren Baru Selama Pandemi Covid-19 di Agam, Tabulampot Menjadi Primadona Bagi Masyarakat Tanaman buah dalam pot atau yang dikenal Tambulapot

HARIANHALUAN.COM - Masa pandemi Covid-19 membuat aktivitas masyarakat menjadi terbatas. Namun, di Kabupaten Agam kondisi tersebut tidak membuat masyarakat menjadi tidak produktif. Salah seorang warga asal Lubuk Basung, Sri Rahma Yenti (23) mengatakan dirinya justru memanfaatkan masa berdiam diri di rumah untuk berkebun tanaman buah di dalam pot.

“Saya menanam tanaman buah di dalam pot, seperti jambu madu, mangga, dan pokat sudah sejak tiga bulan lalu. Lumayan ini bisa mengisi waktu di masa pandemi ini,” katanya Jumat (7/8/2020).

Hal senada juga dikatakan Yusra (35), Ia menanam buah-buahan menggunakan polybag yang disusun rapi di pekarangan rumahnya. Ia memperoleh bibit dari Dinas Pertanian Kabupaten Agam, untuk pupuk menggunakan pupuk kandang.

“Sebenarnya ini untuk mengisi waktu luang, kalau nanti berbuah bisa untuk dikonsumsi keluarga,” ucapnya.

Sementara, Kepala Bidang Tanaman Holtikultura Dinas Pertanian Agam, Sari Mustika menyebut selama pandemi Covid-19, model bercocok tananam buah dalam pot (tabulampot) meningkat di tengah-tengah masyarakat.

Hal tersebut dapat dilihat dari makin banyaknya masyarakat yang mendatangi dinas pertanian untuk meminta bibit tanaman buah.Menurutnya, peningkatan pola tersebut disebabkan semakin banyaknya aktivitas masyarakat yang dilakukan di rumah.

“Secara tidak langsung, ini juga mendukung ketahanan pangan keluarga. Jika penanaman berhasil, masyarakat bisa memetik buahnya, minimal untuk konsumsi keluarga,” katanya.

Tidak hanya bagi masyarakat umum, tren tabulampot juga digandrungi oleh ASN di lingkup Pemkab Agam, dikatakan hampir sebagian ASN sudah mempraktekkan pola tabulampot. “Kurang lebih sekitar 60 persen ASN datang ke sini, untuk memerolah bibit tanaman buah. Tabulampot ini kan juga bisa untuk tanaman penghias di rumah atau perkantoran,” tutupnya. (*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 23 Juni 2020 - 15:01:07 WIB

    Perguruan Thawalib Padang Panjang dan Kemenag Matangkan Persiapan Pesantren Sambut Ajaran Baru

    Perguruan Thawalib Padang Panjang dan Kemenag Matangkan Persiapan Pesantren Sambut Ajaran Baru HARIANHALUAN.COM - Perguruan Thawalib Padang Panjang menghadiri pertemuan dengan Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Padang Panjang, Selasa (23/6/2020) di kantor Kemenag untuk membahas berbagai persiapan pesantren dalam memasu.
  • Senin, 20 April 2020 - 18:07:01 WIB

    DPRD Nilai Pesantren Ramadan Lewat Android Tak Maksimal

    DPRD Nilai Pesantren Ramadan Lewat Android Tak Maksimal PADANG, HARIANHALUAN.COM - KOMISI IV DPRD Kota Padang menilai, pelaksanaan pesantren Ramadan melalui android yang akan digelar Pemko Padang untuk tingkat SD dan SMP dinilai kurang efektif. Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang Azw.
  • Senin, 13 Mei 2019 - 00:03:10 WIB

    Wali Kota Sawahlunto Canangkan Pesantren Ramadan 

    Wali Kota  Sawahlunto Canangkan Pesantren Ramadan  SAWAHLUNTO,HARIANHALUAN.COM-Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto melibatkan 120 mubaliq dan 60 masjid dan musala yang ada di empat kecamatan dalam pelaksanaan pesantren Ramadan 1440 hijriah. Pesantren Ramadan diwajibkan kepada .
  • Rabu, 06 Februari 2019 - 15:26:58 WIB

    Bakti Kominfo di Pondok Pesantren Al Muttaqqin

    Bakti Kominfo di Pondok Pesantren Al Muttaqqin PASAMAN BARAT, HARIANHALUAN.COM -- Badan  Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi atau lebih di kenal Bakti Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia bekerjasama dengan Majelis Pesantren Indonesia melaksan.
  • Selasa, 21 Juni 2016 - 03:22:23 WIB

    Melanjutkan Pesantren Ramadan

    Melanjutkan Pesantren Ramadan PROGRAM pesantren ramadan baru saja usai di Kota Sawahlunto, dengan melibatkan sedikitnya sepuluh ribu pelajar, mulai dari siswa kelas IV sekolah dasar, dan seluruh siswa SLTP, serta SLTA sederajat. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]