Wujudkan Ketahanan Pangan, Kades Harus Dorong Warga Manfaatkan Pekarangan dan Lahan Telantar


Jumat, 07 Agustus 2020 - 16:11:27 WIB
Wujudkan Ketahanan Pangan, Kades Harus Dorong Warga Manfaatkan Pekarangan dan Lahan Telantar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kota Pariaman, Efendi Jamal

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Kepala desa diharapkan terus dapat mendorong warganya untuk lebih mewujudkan ketahanan pangan di lingkungannya. Misalnya saja, pemberdayaan lahan terlantar dan pekarangan dengan tanaman bernilai ekonomi, seperti sayuran sehingga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sendiri dan perekonomian warga.

"Sejumlah desa sudah ada yang bergerak demikian, menanami lahan terlantar dengan sayur mayur, hasilnya menggembirakan," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kota Pariaman, Efendi Jamal kepada Harianhaluan.com, Jumat (7/8-2020).

Diantara sejumlah desa tersebut, Kampung Tangah, Bumdesnya kelola usaha jagung, ikan dan sapi.  Selain memberikan keuntungan juga dapat mempekerjakan warga desa, sehingga perekonomian bergulir. Dana desa bisa juga ke Bumdes dan badan usaha ini dengan kegiatanya dapat memberikan peluang kerja kepada masyarakat, kata Efendi Jamal.

Sedang melalui PKK desa, bisa dengan dasawisma masyarakat dapat didorong memanfaatkan lahan pekarangan dengan tanaman sayuran dan tanaman bernilai eonomi lainya. "Mudah-mudahan dengan cara demikian geliat perekonomian warga makin membaik dan ketahanan pangan bertambah mapan," kata Efendi Jamal. (*)

loading...
Reporter : Trisnaldi /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]