Sumbar Catat Rekor Tertinggi Kasus Covid-19, Dr Andani: Tidak Usah Berpikir Gelombang 2, Ini Bagian dari Proses


Jumat, 07 Agustus 2020 - 16:19:26 WIB
Sumbar Catat Rekor Tertinggi Kasus Covid-19, Dr Andani: Tidak Usah Berpikir Gelombang 2, Ini Bagian dari Proses Dr Andani Eka Putra

HARIANHALUAN.COM - Hari ini Sumatra Barat (Sumbar) melaporkan kasus tertinggi selama pelaporan kasus positif Covid-19 sejak Maret lalu. Sebelumnya, pada Jumat (31/7/2020), Sumbar juga mencatatkan sebanyak 41 kasus, ditambah hari ini peningkatan kasus kembali terjadi sebanyak 47 orang.

Bahkan, Dr Andani Eka Putra selaku Kepala Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas mengatakan, jika kasus hari ini seluruhnya merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG) dengan silent spreader, artinya tidak ditemukannya tanda-tanda terinfeksi pada orang tertentu, sehingga ini akan menjadi penular bagi orang lain.

Dr Andani juga mengingatkan, jika saat ini tidak perlu berpikir tentang gelombang kedua Covid-19, karena ini hanya bagian dari proses. Jika kasus lonjakan yang terjadi saat ini adalah gelombang kedua, berarti nanti akan ada gelombang ketiga, keempat dan seterusnya.

"Pengalaman di Eropa dan Amerika hanya ada satu gelombang. Bagi negara yang terkendali tidak akan ada fase puncak ataupun puncak cenderung datar dengan riak-riak, ini merupakan bagian dari riak-riak tersebut," katanya Jumat (7/8/2020).

Untuk itu, lanjut Dr Andani, semua elemen masyarakat tidak perlu saling menyalahkan, hal yang terpenting adalah bagaimana dilakukannya kerjasama yang optimal untuk proses tracing dan testing. "Mari saling mendukung untuk mempertahankan Sumbar tetap terkendali. Saat ini adalah bagian dari pengendalian tersebut," tutupnya. (*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]