109 Rohaniawan di Mentawai Bakal Terima Bansos Tunai 


Jumat, 07 Agustus 2020 - 16:25:56 WIB
109 Rohaniawan di Mentawai Bakal Terima Bansos Tunai  Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepulauan Mentawai, Serielie BW

MENTAWAI, HARIANHALUAN -- Sedikitnya 109 orang Rohaniawan yang tersebar di Kabupaten Kepulauan Mentawai bakal mendapatkan bantuan sosial tunai dari Pemerintah setempat, karena Pemerintah menilai Rohaniawan juga merasakan dampak ekonomi buruk sepanjang pandemi virus corona. 

Juru Bicara bidang teknis Tim Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Mentawai Serielie BW kepada wartawan saat konferensi pers, Jumat (07/08) di Aula sekretariat Daerah Mentawai, menyebutkan bantuan tunai tersebut diberikan kepada rohaniawan yang benar-benar menggantungkan hidupnya pada kegiatan peribadatan. 

"Kita tahu bahwa selama masa darurat bencana corona virus diasiase 2019, juga berdampak pada kegiatan peribadatan, banyak gereja dan mesjid yang ditutup, jadi pemerintah menilai para rohaniawan perlu diberikan bantuan sosial berupa uang tunai Rp 1 Juta per orang dan diberikan sekali saja selama masa Covid-19," paparnya.

Ia menyebutkan kegiatan tersebut dilakukan berdasarkan surat Keputusan Bupati Kepulauan Mentawai Nomor 250 Tahun 2020 Tentang penerimaan bantuan tunai bagi rohaniawan yang terdampak pada masa darurat bencana corona virus diasiase 2019 (Covid-19) Tahun Anggaran 2020.

Sementara itu Kabag Kesra Mentawai Dominikus Saleleubaja menyebutkan rohaniawan penerima bantuan sosial tersebut sudah diverifikasi secara faktual, yang mana penerima tidak menerima bantuan langsung tunai (BLT) baik dari Daerah, Provinsi maupun dari pusat.

"Penerima benar-benar kita seleksi agar bantuan sosial tidak double. Kemudian kita juga menyeleksi apakah yang bersangkutan adalah pegawai negeri, sebagai tenaga kontrak atau mendapatkan honor dari kemenag nah kalau yang bersangkutan memiliki status salah satu diantaranya, maka dinyatakan tidak memenuhi syarat," paparnya.

Sebelumnya kata Domi rohaniawan yang terdata sebanyak 127 orang, namun setelah diverifikasi yang memenuhi syarat hanya 109 orang, mereka tersebar di 10 Kecamatan dan 30 Desa di Kabupaten Kepulauan Mentawai. 

"Bantuan ini secapatnya akan kita transfer melalui rekening masing-masing si penerima, karena dianggap lebih aman, untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, semoga bantuan ini dapat sedikit membantu para rohaniawan, " tutupnya. (*)

loading...
Reporter : Redi /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 27 Agustus 2020 - 20:56:24 WIB

    Dandim 0311/Pessel Tinjau Lokasi TMMD ke-109 Tahun 2020

    Dandim 0311/Pessel Tinjau Lokasi TMMD ke-109 Tahun 2020 HARIANHALUAN.COM - Komandan-komando distrik militer (Dandim) 0311/Pessel Letkol Inf Gamma Arthadilla Sakti beserta rombongan melakukan peninjauan lokasi Tentara Manunggal Membengun Desa (TMMD) ke-109 wilayah Kodim 0311/Pessel.
  • Selasa, 05 Mei 2020 - 21:31:58 WIB

    Alhamdulillah, Hasil Uji Swab 109 Sampel dari Solok Selatan Negatif

    Alhamdulillah, Hasil Uji Swab 109 Sampel dari Solok Selatan Negatif SOLOK SELATAN HARIANHALUAN.COM - Semua sample swab yang dikirim ke laboratorium Unand untuk diperiksa melalui pendekatan metode "pool"  beberapa waktu lalu, tidak ada ditemukan kasus positif dari 109 sampel itu..
  • Kamis, 28 Januari 2016 - 03:55:17 WIB

    Penerima Raskin Bukittinggi Berjumlah 109.412 RTSPM

    BUKITTINGGI, HALUAN — Perum Bulog Sub Divisi Regional Bukittinggi pada tahun 2016 ini, mengoptimalkan pendistribusian beras untuk masyarakat miskin (Raskin) yang tersebar di tiga kota dan empat kabupaten di wilayah kerjanya.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]