Supernova Baru Ditemukan, Setengah Kalsium di Alam Semesta Berasal dari Sini


Jumat, 07 Agustus 2020 - 18:31:15 WIB
Supernova Baru Ditemukan, Setengah Kalsium di Alam Semesta Berasal dari Sini Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Studi terbaru menemukan sebuah supernova atau ledakan bintang yang memancarkan banyak zat kalsium. Bahkan, penelitian ini menyimpulkan, setengah dari kalsium di alam semesta berasal dari supernova tersebut.

Studi tersebut, yang diterbitkan di The Astrophysical Journal pada pekan ini, belum mengetahui penyebab supernova itu memancarkan kalsium. Sebab, peristiwa semacam itu sangat langka terjadi.

Wynn Jacobson-Galan, mahasiswa pascasarjana Universitas Northwestern sekaligus penulis utama studi, mengatakan, peristiwa supernova itu berjarak 55 juta tahun cahaya dari Bumi. Komunitas astronomi mulai menyelidikinya pada April 2019.

Di saat para peneliti lain hanya melihat peristiwa beberapa jam setelah ledakan, Jacobson-Galan dkk memilih untuk melihat peristiwa beberapa bulan sebelum ledakan. Jacobson-Galan melihat fase kritis atau saat ledakan itu mencoba untuk mendingin.

"Ia ingin memberikan energinya, dan emisi kalsium adalah cara yang efisien untuk melakukannya," kata Raffaella Margutti dari Universitas Northwestern dan penulis senior studi tersebut, sebagaimana dilansir Futurism, Jumat (7/8).

Ternyata benar. Ledakan itu memuntah kalsium dalam jumlah yang sangat besar. "Bukan hanya kaya kalsium. Itu adalah yang terkaya dari yang kaya," kata Margutti.

Mereka melihat peristiwa itu tepat pada waktunya untuk menyimpulkan bahwa itu adalah kalsium paling banyak yang pernah diamati dari satu peristiwa. "Luminositas memberi tahu kita berapa banyak materi yang dilepaskan bintang dan seberapa dekat materi itu dengan bintang tersebut," jelas Jacobson-Galan.(*)

loading...
 Sumber : republika /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 17 April 2020 - 09:04:43 WIB

    Temuan Baru, Ilmuwan Ungkap Supernova Paling Cerah di Galaksi

    Temuan Baru, Ilmuwan Ungkap Supernova Paling Cerah di Galaksi SAINS, HARIANHALUAN.COM -- Ledakan bintang raksasa atau supernova paling cerah di galaksi belum lama ini ditemukan oleh para ilmuwan. Penemuan ini lalu menjadi temuan baru dalam sejarah ilmu pengetahuan. Supernova paling cera.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]