Tak Disangka, 7 Artis Indonesia Ini Ternyata Berdarah Pahlawan


Jumat, 07 Agustus 2020 - 21:28:11 WIB
Tak Disangka, 7 Artis Indonesia Ini Ternyata Berdarah Pahlawan Beberapa artis Indonesia merupakan keturunan pahlawan bangsa

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sebentar lagi kita akan merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia. Kemerdekaan Indonesia tidak terlepas dari peran para pahlawan. Tanpa kehadiran pahlawan, negara kita Indonesia tidak akan pernah berani bermimpi dan mewujudkan kemerdekaan dari jajahan bangsa asing. 

Pahlawan bangsa yang telah memperjuangkan keamanan bangsa hingga berhasil merdeka dan menjadi semakin maju di berbagai bidang memiliki beberapa keturunan yang ternyata aktif di dunia hiburan Indonesia. Wah, siapa saja ya artis Indonesia yang memiliki keturunan darah pahlawan? Simak beberapa di bawah ini!

1. Dian Sastrowardoyo
 
Aktris Indonesia yang terkenal setelah menjadi pemain utama Ada Apa dengan Cinta ini ternyata merupakan salah satu artis keturunan pahlawan. Ayah dari Dian Sastrowardoyo merupakan anak dari pahlawan pergerakan Indonesia yaitu Prof. Sunarjo Sastrowardoyo yang juga pernah menjabat menjadi Menteri Luar Negeri Indonesia ke-7, Menteri Perdagangan ke-12, Duta Besar Indonesia untuk Inggris, serta Rektor Universitas Diponegoro Semarang pada tahun 1963 silam.

2. Maia Estianty

Musisi yang dikenal sebagai Bunda Maia ini ternyata merupakan artis keturunan pahlawan. Bunda Maia merupakan cicit dari HOS Cokroaminoto yang adalah pemimpin organisasi Sarekat Islam (SI).

3. Karlina Salim

Karina Salim yang merupakan aktris teater, penyanyi, dan balerina kebanggan Indonesia ternyata adalah cicit dari seorang pahlawan yang turut serta dalam keanggotaan Panitia 9 BPUPKI, H. Agus Salim. Pejuang Kemerdekaan H. Agus Salim telah ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional pada 27 Desember 1961 dan pernah menjabat menjadi Menteri Luar Negeri beberapa kali pada era Presiden Soekarno setelah bangsa ini merdeka.

4. Dewi Yull

Bernama lengkap Raden Ayu Dewi Pujiati, penyanyi dan artis senior yang lebih akrab disapa Dewi Yull ternyata merupakan cucu tokoh pers dan tokoh kebangkitan nasional yaitu RM Tirto Adhi Soerjo, pendiri dari surat kabar Medan Prijaji pada 1907. Dikenal juga sebagai Bapak Pers Indonesia, kakek dari Dewi Yull mewariskan darah bangsawan ke anak dan cucunya.

5. Asri Welas

Aktif sebagai penyiar radio, perancang busana, dan dunia komedi layar kaca, Asri Welas ternyata merupakan keturunan ketujuh dari Pangeran Diponegoro atau Bendara Pangeran Harya Dipanegara.

6. Celine Evangelista

Lahir di Italia, Celine Evangelista ternyata memiliki garis keturunan pahlawan. Istri dari Stefan William ini adalah cucu dari Sultani Fadeli Luran dan cicit dari H. Fadeli Luran yang merupakan seorang pemuka agama di Makassar yang berperan penting sebagai pemersatu muslim di Indonesia.

7. Jeje Soekarno

Jeje Soekarno lahir dari pasangan Donna Harun dan Rommy Soekarno, salah satu cucu proklamator kemerdekaan dan presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno. Tidak heran jika Jeje merupakan cicit dari Ir. Soekarno.

Itu dia beberapa artis di dunia hiburan Indonesia yang punya keturunan pahlawan. Semoga karya mereka tetap bisa membanggakan bangsa dan semakin bersinar. (*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]