Tolak Gaji Dipotong, Karyawan Alfamart Ancam Demo


Jumat, 07 Agustus 2020 - 23:05:43 WIB
Tolak Gaji Dipotong, Karyawan Alfamart Ancam Demo Gerai Alfamart dan tenant UMKM di depannya. Foto: Istimewa

HARIANHALUAN.COM - Nasib para pekerja tidak menentu di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19 yang membuat perusahaan atau instansi tutup sementara waktu. Hal itu yang dirasakan karyawan Alfarmart, mereka terdampak pemotongan gaji 10 persen lantaran ketentuan Nota Selisih Barang (NSB).

Walhasil, sejumlah karyawan Alfamart yang tergabung dalam Aliansi Serikat Pekerja Alfamart atau ASPAL, berencana menggelar aksi protes pada 11-13 Agustus 2020.

Menanggapi rencana aksi tersebut, Corporate Affairs Director PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Solihin mengaku, pihaknya tak mempermasalahkan adanya rencana aksi protes tersebut.

"Menyampaikan aspirasi itu kan hak setiap orang," kata dia dikutip dari VIVA.co.id, Jumat, 7 Agustus 2020.

Namun, Solihin berharap bahwa aksi protes itu nantinya tidak akan mengganggu aktivitas kinerja para karyawan. "Kalau kita berharap aksi protes semua teman-teman itu agar jangan sampai mengganggu aktivitas pekerjaan itu sendiri dan merugikan perusahaan," ujarnya.

Saat ditanya soal latar belakang protes para karyawannya tersebut, Solihin menjelaskan bahwa hal itu dikarenakan adanya penerapan kebijakan pemotongan gaji, apabila hasil akhir perhitungan 'stock opname' melebihi batas toleransi kehilangan.

Di mana manajemen telah menentukan bahwa batas toleransi akibat kehilangan barang itu adalah sebesar 0,15 persen untuk di toko, dan 0,20 persen untuk di warehouse atau distribution center (DC).

"Jadi kalau melewati batas toleransi itu, ada yang disebut tanggung jawab. Di mana seluruh orang yang ada di bagian itu harus bertanggung jawab setelah ada batas toleransi yang memang ditanggung oleh perusahaan itu tadi," kata Solihin.

Solihin menjelaskan, pemotongan gaji karyawan itulah yang akan dikenakan akibat kesalahan yang dibuat, dalam hal ini kehilangan barang yang tidak sesuai dengan data penjualan atau nota selisih barang (NSB).

"Saya ambil contoh, misal terima barang 10 dan laku 8, harusnya kan sisa 2, tapi ternyata stok cuma 1. Nah, berarti kan ada kehilangan 1 barang, siapa yang harus tanggung jawab?" ujar Solihin.

Lebih lanjut, Solihin memastikan bahwa orang-orang yang akan melakukan aksi protes itu bukanlah karyawan Alfamart secara keseluruhan, melainkan hanya sebagian saja. "Tapi enggak di semua cabang terjadi (aksi protes) itu. Kita punya 32 cabang dan tidak semuanya mau protes," kata Solihin.

Dia juga menambahkan, pihak manajemen tetap akan membuka ruang dialog bersama para karyawan yang akan melakukan aksi protes tersebut, demi mencari titik temu guna menyelesaikan masalah itu.

"Tapi kita akan melaksanakan dialog lah bersama kawan-kawan karyawan yang melakukan protes tersebut," ujarnya. (*)

loading...
 Sumber : Viva.co.id /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 14 September 2020 - 06:43:40 WIB

    Pasien Corona Tolak Isolasi akan Dijemput Penegak Hukum, PAN: Tidak Boleh Menakuti-nakuti

    Pasien Corona Tolak Isolasi akan Dijemput Penegak Hukum, PAN: Tidak Boleh Menakuti-nakuti HARIANHALUAN.COM - Pemprov DKI Jakarta menyebut pasien positif Corona yang menolak diisolasi akan dijemput oleh petugas kesehatan dan penegak hukum. PAN DKI menilai penjemputan itu memang wajar dilakukan, asalkan tidak menaku.
  • Ahad, 13 September 2020 - 10:20:09 WIB

    Ternyata Ini Alasannya Orang Terkaya RI Tolak PSBB Total DKI

    Ternyata Ini Alasannya Orang Terkaya RI Tolak PSBB Total DKI HARIANHALUAN.COM - Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total akan dimulai 14 September 2020. Keputusan ini diambil karena penambahan yang tinggi setiap harinya dan dukungan rumah sakit yang sudah dianggap darura.
  • Ahad, 13 September 2020 - 01:31:38 WIB

    Orang Terkaya RI Kirim Surat ke Jokowi, Tolak PSBB Total

    Orang Terkaya RI Kirim Surat ke Jokowi, Tolak PSBB Total HARIANHALUAN.COM - Surat penolakan orang terkaya di Indonesia atas pemberlakuan kembali aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total di Jakarta oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diposting oleh Jurnalis senior.
  • Senin, 07 September 2020 - 15:01:51 WIB

    Tolak Sidang Online, Jerinx Minta Sidang Digelar Tatap Muka

    Tolak Sidang Online, Jerinx Minta Sidang Digelar Tatap Muka HARIANHALUAN.COM - Pengacara I Gede Ari Astina alias Jerinx SID melayangkan surat keberatan sidang perkara dugaan ujaran kebencian digelar secara online ke pengadilan Negeri Denpasar, hari ini, Senin (7/9/2020). Pengacara me.
  • Jumat, 04 September 2020 - 17:45:49 WIB

    Polri Tolak Laporan Terhadap Puan soal Pernyataan Pancasilais

    Polri Tolak Laporan Terhadap Puan soal Pernyataan Pancasilais HARIANHALUAN.COM - Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri menolak laporan yang dibuat Persatuan Pemuda Mahasiswa Minang (PPMM) atas Ketua Bidang Politik dan Keamanan DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]