Bawaslu harus Cari Solusi Atasi Dinasti Keluarga di Pilkada 2020


Sabtu, 08 Agustus 2020 - 12:20:19 WIB
Bawaslu harus Cari Solusi Atasi Dinasti Keluarga di Pilkada 2020 ilustrasi Pilkada

HARIANHALUAN.COM - Calon dari dinasti politik tidak bisa dijamin akan menang. Yoes Chandra Kenawas menilai bahwa institusi politik yang ada di Indonesia saat ini memang menguntungkan orang-orang yang punya koneksi keluarga. Tapi dia meyakini, calon dari dinasti politik tidak bisa dijamin akan menang juga. 

Pasalnya, kandidat doktor di Northwestern University, AS, yang sedang meneliti politik dinasti di Indonesia itu memaparkan data penting. Selama 2015 hingga 2018, Yoes menyebut ada 117 kandidar dari dinasti politik yang menang, tetapi ada 85 kandidat yang kalah. Baginya, dinasti politik juga bisa disebabkan oleh kondisi sosial masyarakat. 

Sebagai contoh, belum matangnya masyarakat dalam kehidupan bernegara membuat mereka mudah dikelola melalui narasi politik. Tetapi di sisi lain, narasi politik juga bisa dibangun dengan ketersediaan logistik yang cukup. Yoes berpandangan, Badan Pengawas Pemilu yang kuat adalah salah satu solusi dalam menghadapi politik dinasti. Kuat artinya, independen, punya kapasitas, dan fleksibilitas kuat.

"Jangan sampai Bawaslu diikat aturan-aturan yang sifatnya terlalu prosedural. Bawaslu harus bisa memastikan pemilu yang adil. Penegakan hukum harus diperbaiki,” kata Yoes dilansir dari Haluan.co (Haluan Media Group), Sabtu (8/8/2020). (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]